Selasa, Juli 16, 2024
BerandaNewsPeringati Hari Pendidikan Nasional, Sekda Suyasa Pimpin Apel Peringatan OTDA dan Hardiknas...

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Sekda Suyasa Pimpin Apel Peringatan OTDA dan Hardiknas 2023

 

GATRABALI.COM, BULELENG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa menjadi inspektur dalam upacara bendara Peringatan Hari Otonomi Daerah dan Hari Pendidikan Nasional 2023.

Upacara dilakukan di halaman depan kantor Bupati Buleleng, Selasa 2 Mei 2023.

Dalam kesempatan itu, Sekda Suyasa membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dalam pidato tersebut disampaikan perubahan besar di dunia pendidikan terjadi selama tiga tahun terakhir.

Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang telah diluncurkan membawa kita semua lebih dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun minat, bakat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat.

Baca Juga  Antisipasi Perkembangan DB di Musim Penghujan, Pemkot Denpasar Gencar Lakukan Fogging

“Anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran dinilai secara lebih holistik oleh gurunya,” katanya.

Era merdeka belajar juga memudahkan Kepala Sekolah dan Kepala Daerah melakukan monitoring kualitas pendidikan dengan menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan.

Para guru juga berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar.

“Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka,”jelasnya.

Baca Juga  Garase dan Mobil Lenyap Terbakar di Pangkung Kuwa Desa Penyaringan

Sejalan dengan kurikulum merdeka, pembelajaran mendalam ditekankan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik.

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada pengukuran kemampuan literasi dan bernalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program kampus merdeka.

Sekda Suyasa menekankan dengan transformasi yang masif ini sudah sepatutnya disyukuri karena merupakan hasil kerja keras dan kerja sama seluruh pihak.

Baca Juga  Tingkatkan Kreatifitas dan Inovasi Para Desainer Fashion, Pemkot Denpasar Gelar Pelatihan 'Teknik Draping'

Hari pendidikan nasional tahun ini menjadi momentum bagi semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan dan langkah yang sudah diambil.

“Dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan sepanjang tiga tahun terakhir, arah perjalanan pendidikan kedepan dapat direncanakan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar,”imbuhnya.

Terakhir, Suyasa mengajak seluruh masyarakat untuk bersemangat dalam meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments