Rabu, Februari 21, 2024
BerandaBaliProgram Wolbachia, Strategi Inovatif dalam Memerangi DBD di Kabupaten Buleleng

Program Wolbachia, Strategi Inovatif dalam Memerangi DBD di Kabupaten Buleleng

GATRABALI.COM, BULELENG – Program World Mosquito (WMP) memiliki strategi efektif dalam memerangi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), yaitu dengan mengendalikan virus dengue menggunakan nyamuk Aedes aegypti yang telah mengandung bakteri Wolbachia. 

Kabupaten Buleleng memiliki kesempatan bagus untuk menjadi bagian dari proyek percontohan pertama di Provinsi Bali yang menerapkan program Wolbachia bersama dengan Kota Denpasar.

Wolbachia adalah bakteri alami yang dimasukkan ke dalam nyamuk Aedes aegypti yang berkembang biak di alam, sehingga dapat menghambat perkembangan virus dengue di dalam tubuh nyamuk. Program Wolbachia ini diteliti dan dikembangkan oleh WMP, sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada pencegahan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk kepada manusia. Program ini telah melibatkan 12 negara di Asia, Oseania, dan Amerika. 

Baca Juga  Diprediksi Kunjungan Wisman China Meningkat Libur Imlek ke Bali

Di Bali, WMP bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Sucipto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, yang mewakili Penjabat Bupati Buleleng, menyambut baik kehadiran WMP dalam upaya membasmi DBD di kabupaten tersebut. 

“Dinas Kesehatan akan melakukan upaya maksimal dalam program ini, dengan kerja sama dari kader kesehatan yang bekerja sama dengan WMP di desa-desa dan kelurahan di seluruh Kabupaten Buleleng,”ungkapnya.

Sucipto juga menjelaskan bahwa 55 orang kader dari desa dan kelurahan serta 15 staf dari puskesmas telah menjalani pelatihan terkait program DBD. Dia berharap kehadiran Wolbachia dapat secara signifikan mengurangi atau bahkan menghilangkan kasus DBD di Kabupaten Buleleng. 

Baca Juga  Bahas Program yang Diusulkan, Walikota Jaya Negara Buka Musrenbang RKPD Kota Denpasar Tahun 2024

Pada tahun 2023, hingga bulan Juni, tercatat ada 616 kasus DBD, dan diharapkan angka tersebut dapat menurun secara signifikan.

Program inovatif ini dipantau langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), I Ketut Kariyasa Adnyana. Anggota DPR RI dari Kecamatan Busungbiu tersebut menyatakan bahwa kehadiran WMP di Buleleng merupakan kesempatan yang baik untuk mempercepat pemberantasan penyakit DBD di Kabupaten Buleleng. 

Baca Juga  Pengendara Scoopy Tabrak Truk di Kalibukbuk

“saya optimis karena telah melihat banyak daerah di Indonesia yang telah berhasil melaksanakan program Wolbachia dengan baik,ungkapnya.

WMP mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng. Man Magilan, Senior Project Manager Save the Children Indonesia, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Buleleng secara umum. 

“saya berharap bahwa dengan metode Wolbachia ini, masyarakat dapat dilindungi dari DBD. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah yang telah mendukung program Wolbachia.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai program World Mosquito (WMP) dalam membasmi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Buleleng,”ujarnya. (adv/gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments