Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliSambut HUT RI dan Hari Raya Kuningan, Distan Buleleng Gelar Pasar Tani...

Sambut HUT RI dan Hari Raya Kuningan, Distan Buleleng Gelar Pasar Tani dan Vaksinasi Massal

GATRABALI.COM, BULELENG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 dan menyambut Hari Raya Kuningan, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pertanian (Distan) menggelar acara Pasar Tani dan Vaksinasi Massal di Halaman Kantor Dinas Pertanian Buleleng pada Kamis 10 Agustus 2023.

Acara ini menampilkan beragam hasil pertanian dan olahan dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di seluruh Kecamatan Kabupaten Buleleng. Pangan lokal dan buah-buahan dengan harga terjangkau tersedia di pasar ini, menarik antusiasme warga untuk berbelanja dan melakukan vaksinasi hewan peliharaan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, yang turut hadir dan memantau acara tersebut, mengungkapkan bahwa Pasar Tani dan Vaksinasi Rabies ini memiliki makna ganda. Selain sebagai perayaan HUT RI, acara ini juga menjadi bentuk penyambutan Hari Raya Kuningan yang akan datang dalam dua hari. Berbagai jenis buah lokal dan kebutuhan sehari-hari, termasuk perlengkapan upacara, disiapkan dalam acara ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga  Menuju Kabupaten Layak Anak, Pemkab Buleleng Tingkatkan Kualitas Fasilitas Ramah Anak di Ruang Publik

  “Kegiatan ini sangat bermanfaat, tidak hanya merayakan HUT RI tetapi juga mempersiapkan Hari Raya Kuningan,”ungkapnya.

Dalam konteks vaksinasi massal, Sekda Suyasa menyatakan komitmen pemerintah dalam memvaksinasi 70% anjing sebagai langkah mencegah rabies. Langkah-langkah besar telah diambil untuk mengurangi kasus rabies dibandingkan tahun 2022.

Distan Buleleng Gelar Pasar Tani dan Vaksinasi Massal. sumber foto : Kominfosanti Buleleng

Ni Luh Prima Diantariwati, Pelaksana Tugas Sekretaris Distan Buleleng, menyatakan bahwa acara ini merupakan upaya Distan Buleleng untuk mengajak masyarakat beralih ke penggunaan buah lokal dan mengajarkan petani tentang hilirisasi langsung. Lebih dari 100 komoditas lokal dipamerkan dalam acara ini, berasal dari BPP di seluruh Kecamatan Buleleng yang dibantu oleh penyuluh pertanian. 

Baca Juga  Harga Telur Tinggi di Pasar Tradisional Sempidi

Hasil pertanian dan olahan dari kelompok tani setiap desa ditampilkan dalam acara ini sebagai bagian dari perayaan HUT RI dan Hari Raya Kuningan.

Salah satu pengunjung, Sri Ayuni dari Jalan Arjuna, Buleleng, merasakan kenyamanan tersendiri dalam acara ini, menyebutnya sebagai “one stop shopping” untuk kebutuhan hari raya dan produk olahan pertanian. Ia berharap acara ini dapat berlanjut dalam setiap perayaan hari raya, membantu kaum ibu dalam memenuhi kebutuhan jelang hari raya.

Baca Juga  Pj Bupati Buleleng Tegaskan Pasar Murah sebagai Upaya Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

Tak hanya pasar tani, vaksinasi rabies juga disediakan untuk hewan peliharaan masyarakat. Vaksinasi ini merupakan komitmen bersama dalam mencegah kasus rabies di Buleleng. (adv/gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments