Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBali826 Mahasiswa Baru STAHN Mpu Kuturan Ikuti PKKMB, Bupati Lihadnyana Ajak Generasi...

826 Mahasiswa Baru STAHN Mpu Kuturan Ikuti PKKMB, Bupati Lihadnyana Ajak Generasi Muda Tetap Berkarya

GATRABALI.COM, BULELENG – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengajak generasi muda untuk terus berkarya dan menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman.

Hal itu disampaikannya saat ditemui usai memberikan materi dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Tahun 2023 Singaraja di Aula Kampus setempat, Selasa 15 Agustus 2023.

Lihadnyana mengajak seluruh generasi muda khususnya di Buleleng untuk mengisi waktu dalam kegiatan-kegiatan yang positif. Generasi muda harus menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan. Perubahan di dunia terjadi begitu cepat. Sehingga, generasi muda harus memiliki kemampuan menyesuaikan diri atau beradaptasi agar tidak tertinggal.

Baca Juga  Pencegahan Dini, Wabup Badung Pimpin Sosialisasi HIV/AIDS di SMAN 2 Mengwi

“Manfaatkan seluruh potensi, waktu, tenaga dan fasilitas untuk hal-hal yang produktif,” ujarnya.

Disinggung mengenai pelibatan perguruan tinggi (PT) di Kabupaten Buleleng untuk pengembangan generasi muda, Pj Bupati yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali ini mengungkapkan saat ini PT telah memiliki program Bidikmisi atau yang sekarang disebut Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Program ini merupakan beasiswa untuk masyarakat miskin. Ini berguna untuk meningkatkan partisipasi kuliah masyarakat yang kurang mampu.

Baca Juga  Polsek Kuta Berhasil Mengamankan Empat Pelaku Curat di Toko Oleh-oleh

“Dengan begitu mereka bisa berkembang dan meraih masa depan yang lebih baik lagi,” ungkap Lihadnyana.

Lihadnyana menambahkan jika daerah atau negara bisa memaksimalkan potensi pendidikan atau generasi mudanya, maka ini akan berpengaruh terhadap kemajuan daerah. Pendidikan membuat potensi generasi muda atau Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi unggul. Dengan SDM yang unggul, daerah juga akan semakin maju.

Baca Juga  Pemkot Denpasar Dukung Penguatan Kapasitas Desa dalam Pelayanan Inklusif Bagi Disabilitas

“Kalau SDMnya meningkat atau maju, menjadi cerminan pula bahwa suatu daerah itu juga maju,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Gede Suwindia memaparkan bahwa PKKMB tahun 2023 ini diikuti oleh 826 mahasiswa baru. Jumlah tersebut tersebar di 16 program studi. PKKMB berlangsung selama tiga hari dari tanggal 14 hingga 16 Agustus 2023.

“Saya rasa penyampaian materi dari pak Pj Bupati dalam PKKMB diperlukan untuk membentuk karakter dan disiplin dari mahasiswa baru ini,” paparnya. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments