Selasa, Juli 16, 2024
BerandaBaliEvakuasi Dramatis, Ratusan Penumpang Kapal Motor Mengalami Mati Mesin di Perairan Gilimanuk

Evakuasi Dramatis, Ratusan Penumpang Kapal Motor Mengalami Mati Mesin di Perairan Gilimanuk

GATRABALI.COM, JEMBRANA – Kapal Motor Penumpang (KMP) Gerbang Samudra 2 mengalami mati mesin dalam perjalanan dari Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk pada Minggu, 17 September 2023.

Kejadian ini mengakibatkan ratusan penumpang kapal harus dievakuasi oleh tim SAR gabungan yang sigap bertindak.

“Saat ini, proses evakuasi penumpang KMP Gerbang Samudra 2 masih berlangsung,” kata Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Pelabuhan Gilimanuk, I Nyoman Agus Sugiarta, pada hari Minggu, 17 September 2023.

Baca Juga  Bupati Tamba Kawal Proyek Strategis Pembangunan Jalan Menuju Pura Rambut Siwi

Agus Sugiarta menjelaskan bahwa insiden ini terjadi sekitar pukul 11.15 WITA saat LPS Gilimanuk kehilangan kontak dengan KMP Gerbang Samudra 2 yang sedang dalam perjalanan menuju Gilimanuk.

“Mereka melaporkan ketidakmungkinan pergerakan di perairan pada koordinat -08°09.3007, 114°26.1749. Kapal tersebut telah mengalami mati mesin, sehingga awak kapal terpaksa melakukan tindakan darurat dengan melego jangkar agar kapal tidak terbawa arus,” terang Sugiarta dalam keterangan tertulis pada Minggu, September 2023 siang.

Baca Juga  Wabup Suiasa Hadiri Karya Melaspas Alit di Pura Giria Buncing, Mengwi

Meskipun situasinya tegang, Agus Sugiarta menyatakan bahwa kapal masih bertahan di posisinya hingga pukul 11.35 WITA, dan awak kapal terus berupaya keras untuk melakukan manuver guna memulihkan situasi.

Pukul 12.35 WITA, proses evakuasi penumpang dilaksanakan oleh tim Polairud Gilimanuk, TNI AL Gilimanuk, serta Basarnas Jembrana, yang menggunakan Kapal Speedboat.

“Informasi sementara menunjukkan bahwa total penumpang berjumlah 103 orang, dengan rincian 58 orang penumpang pejalan kaki dan 45 orang penumpang yang membawa kendaraan,” ungkapnya. (gb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments