Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliGelar Lovest 2023, Pj Bupati Lihadnyana Inginkan Partisipasi Lebih dari Komunitas

Gelar Lovest 2023, Pj Bupati Lihadnyana Inginkan Partisipasi Lebih dari Komunitas

GATRABALI.COM, BULELENG – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menginginkan adanya partisipasi dari komunitas masyarakat yang lebih banyak ketimbang pemerintah daerah sebagai penyelenggara Lovina Festival 2023.

“Karena tujuan Lovina Festival ini adalah mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya maka tidak lagi pemerintah yang didepan. Komunitas masyarakat yang akan lebih banyak berpartisipasi. Pemerintah hanya mendorong dan memotivasi dan sedikit mengarahkan jika ada hal-hal yang harus dilakukan,” ujarnya.

Hal itu diungkapkan Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana saat menghadiri jumpa pers di Pantai Lovina, Senin 17 Juli 2023. Ia menyampaikan Lovina Festival 2023 merupakan salah satu acara yang baru bisa digelar pasca pandemi covid-19. Oleh karena itu diharapkan dapat mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk bermalam di Buleleng.

Baca Juga  Pemerintah Tunjuk 163 Pelaku Usaha PMSE Menjadi Pemungut PPN

“Bahwa Lovina festival ini merupakan suatu kegiatan yang mengintegrasikan potensi, adat budaya yang dimiliki kabupaten Buleleng dikemas menjadi satu event untuk bisa mendatangkan tamu atau wisatawan. Target kita adalah harus mampu mendatangkan orang sebanyak-banyaknya untuk bermalam di Buleleng. Bukan normatif hanya melaksanakan hiburan. Karena ruang untuk memberikan hiburan itu sudah ada ditempat lain,” ungkapnya.

Pj Bupati mencontohkan salah satu rangkaian acara dalam festival tersebut yaitu Voli Pantai. Maka komunitas voli tersebut yang nantinya menyusun rangkaian acara hingga mengajak orang untuk datang untuk menyaksikan acara.

Baca Juga  Polsek Kuta Berhasil Mengamankan Empat Pelaku Curat di Toko Oleh-oleh

“Mereka yang akan menyusun kegiatan dan mencari wisatawan datang ke Buleleng. Pemerintah hanya memberikan arahan dan ada semacam tim leader yang benar-benar mampu memanajemen kegiatan ini sehingga menghasilkan satu brand Buleleng layak dikunjungi dan banyak yang berkunjung,”katanya.

Tujuan untuk mendatangkan wisatawan untuk bermalam di Buleleng adalah agar ekonomi Buleleng bisa bergeliat. Bukan hanya sekedar pameran dan kuliner. Lovina Festival 2023 yang digelar 21-23 Juli juga berisi aksi bersih pantai, parade rias pengantin wisawatan mancanegara, tari-tarian, city tour dari komunitas Volkswagen, atraksi sampi grumbungan, hingga penampilan band lokal, dan Dj Party.

Baca Juga  Pelaku Pencurian Ratusan Battery Tower di Jembrana Dibekuk

“Banyak sekali event yang dilaksanakan dalam acara itu. Dan itu dibagi menjadi persegmen. Tapi jangan lupa ini berkaitan dengan aktifitas seni, adat, tradisi dan budaya yang dikemas dengan potensi yang dimiliki Buleleng terutama kawasan lovina dan kalibukbuk ini,”jelas Lihadnyana.

Lovina festival 2023 bertepatan dengan momen ramainya arus liburan wisatawan (high season). Menurut Lihadnyana beberapa pihak hotel juga sudah melaporkan huniannya yang penuh. Hal ini akan terus dievaluasi, utamanya berkaitan dengan dampak yang akan diterima Buleleng. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments