Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaBaliIni Kata Bawaslu Bali Terkait Pemilu Berintegritas

Ini Kata Bawaslu Bali Terkait Pemilu Berintegritas

GATRABALI.COM, BANGLIBawaslu Bali tekankan masyarakat harus turut serta dalam setiap proses Pemilu karena, Pemilu menjadi media peralihan kekuasaan melalui jalan adu gagasan, Hal tersebut disampaikan, Anggota Bawaslu Bali, I Nyoman Gede Putra Wiratma saat berdialog dengan Peiketan Krama Istri (Pakis) di Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli dalam giat Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Beberapa hari lalu, Selasa,(31/10/2023).

Baca Juga  Ini Permintaan Bawaslu Bali Terkait DPTb

Dirinya menyampaikan, peta politik hari ini membuka ruang kepada perempuan untuk turut serta berpartisipasi, maka dirinya sangat berharap ada banyak keterwakilan perempuan akan terjun ke dalam Pemilu, terutama di bidang pengawasan.

“Hari ini, kuota perempuan diakomodir oleh Undang – Undang jika memang ingin terjun ke politik. Dengan afirmasi tersebut, kami berharap, lahir pionir – pionir baru berjuang untuk melahirkan Pemilu yang lebih berintegritas,” sebutnya.

Baca Juga  Penyandang Disabilitas Disebut Berhak Mendapat Pendidikan Politik Tentang Pemilu

Dirinya mengatakan, jangan pernah alergi terhadap politik, bukan tanpa alasan, bahwa setiap aspek kehidupan ditentukan oleh sebuah kebijakan politik.

“Jangan pernah antipati terhadap politik, kita harus sadari juga setiap aspek kehidupan itu merupakan hasil keputusan politik, jadi penting bagi kita terlibat dalam proses menentukan arah kebijakan bangsa,” bebernya.

Senada dengan Wiratma, Narasumber dari pihak Akademisi, Ni Wayan Widhiasthini juga menegaskan bahwa, proses politik dapat dikatakan demokratis ketika masyarakat aktor utama dalam membuat keputusan politik.

Baca Juga  Cegah Pelibatan Anak dan Pengawasan Penyiaran Iklan Kampanye, Ini Langkah Bawaslu Bali

“Pemilu yang demokratis meniscayakan partisipasi masyarakat itu sendiri,” pungkasnya. (Gun/gb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments