Selasa, Juli 16, 2024
BerandaBaliKa Kwarcab Buleleng Suyasa Lepas Kontingen Raimuna Nasional XII Tahun 2023

Ka Kwarcab Buleleng Suyasa Lepas Kontingen Raimuna Nasional XII Tahun 2023

GATRABALI.COM, BULELENG – Raimuna Nasional XII Tahun 2023 telah diadakan sebagai wadah pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega yang menggabungkan aspek rekreatif dan edukatif dalam suasana alam terbuka. Perhelatan ini berlangsung dalam rangkaian perkemahan dengan penekanan pada nilai-nilai persaudaraan, kerukunan, dan perdamaian.

Kontingen Raimuna Nasional XII dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Buleleng telah dilepas oleh Sekretaris Daerah dan Ketua Kwarcab, Gede Suyasa, yang mewakili Penjabat Bupati Buleleng. Kontingen ini terdiri dari 32 Pramuka Penegak dan Pandega, 1 pembina pendamping, 1 tenaga kesehatan, dan 2 pimpinan kontingen cabang. Acara pelepasan digelar di Loby Kantor Bupati Buleleng pada Selasa, 8 Agustus.

Baca Juga  Pj Gubernur Bali Hadiri Pisah Sambut Kepala Kejaksaan Tinggi Bali

Raimuna Nasional tahun ini mengusung tema “Pramuka Hebat Indonesia Bangkit”. Tema ini mencerminkan upaya untuk menghadapi tantangan zaman modern yang ditandai oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Generasi muda kini dihadapkan pada dinamika kehidupan yang mempengaruhi perkembangan fisik dan mental mereka.

Dalam pidatonya, Gede Suyasa mengungkapkan pentingnya momentum Raimuna sebagai penyemangat baru dan pengingat akan tanggung jawab bersama dalam mengembangkan gerakan Pramuka di Kabupaten Buleleng. Tujuan utamanya adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda Buleleng agar mampu menghadapi tuntutan zaman, menjadikan Kabupaten Buleleng maju dan sejahtera.

Baca Juga  Bhakti Penganyar Pemkab Buleleng Diiringi dengan Keindahan Tari Rejang di Pura Agung Besakih

Suyasa juga menekankan pentingnya Pramuka Penegak dan Pandega Buleleng untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan mereka sesuai dengan kode etik kepramukaan, yaitu Dasa Darma dan Tri Satya.

“Gerakan Pramuka mampu menciptakan generasi muda yang sesuai dengan prinsip pelajar Pancasila, sejalan dengan konsep kurikulum merdeka,”ungkapnya.

Raimuna Tahun 2023 dibagi menjadi beberapa tahap persiapan, termasuk pemanggilan peserta, pemantapan tahap 1, 2, dan 3, pelepasan peserta, serta persiapan keberangkatan. Dengan semangat tinggi dan semangat persatuan, para peserta siap mengikuti rangkaian kegiatan ini untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan mereka dalam rangka mencapai cita-cita Pramuka yang lebih besar. (adv/gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments