Rabu, Februari 21, 2024
BerandaBaliKota Singaraja dan Kabupaten Buleleng Bergerak Menuju Kota Cerdas dengan Akses Internet...

Kota Singaraja dan Kabupaten Buleleng Bergerak Menuju Kota Cerdas dengan Akses Internet Merata

GATRABALI.COM, BULELENG – Kota Singaraja dan Kabupaten Buleleng sedang berupaya menjadi Kota Cerdas atau Smart City. Pemerintah Kabupaten Buleleng, juga dikenal sebagai Pemkab Buleleng, bertujuan untuk memastikan bahwa akses internet tersedia secara merata bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Buleleng. 

Hal ini bertujuan agar semua fasilitas dan layanan yang disediakan oleh smart city dapat dimanfaatkan secara optimal.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti), Ketut Suwarmawan, menjelaskan bahwa dalam konteks smart city untuk kabupaten, semua wilayah harus difasilitasi dengan baik. Sebagai contoh, dalam layanan e-KTP, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Dinas Dukcapil. Layanan tersebut dapat diperoleh dari setiap desa atau setidaknya kecamatan.

Baca Juga  Upaya Buleleng Segera Wujudkan Masterplan Smartcity di Tahun ini

Kepala dinas, Ketut Suwarmawan, yang akrab disapa Ketsu, menyebutkan bahwa dari total 148 desa/kelurahan dan 169 desa adat di Kabupaten Buleleng, fasilitas WiFi gratis telah disediakan melalui program kerja Dinas Kominfosanti Buleleng serta program Bali Smart Island yang dilakukan bersama dengan Pemerintah Provinsi Bali.

Jaringan internet ini diimplementasikan menggunakan kabel serat optik (fiber optic). Keuntungan dari kabel serat optik adalah dapat menyediakan koneksi internet yang cepat dan stabil. Pada tahun ini, penggunaan kabel serat optik telah berhasil dilakukan, menggantikan jaringan internet nirkabel yang rentan terganggu oleh cuaca buruk dan daerah tanpa jaringan (blankspot).

Baca Juga  Soroti Isu-isu Strategis, Dinas DLH Buleleng Gelar Konsultasi Publik terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

“Kabel serat optik memiliki sinyal yang lebih aman, dan jika terjadi putus, dapat diperbaiki dengan cepat,” tambah Ketsu.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas juga telah disiapkan oleh Ketsu untuk menjaga dan mengelola jaringan internet ini. Kompetensi dan pendidikan SDM Dinas Kominfosanti Buleleng telah disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan.

Namun, SDM dari perangkat desa, kelurahan, dan kecamatan di setiap wilayah juga harus dipersiapkan. Untuk itu, Ketsu menjalin sinergi dengan mereka untuk mengembangkan SDM yang kompeten di bidang teknologi.

Baca Juga  Truk Diesel Terbalik ke Got di Sumbersari Melaya

“Pemerintah desa dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa meminta bantuan Dinas Kominfosanti dalam melakukan seleksi pegawai menggunakan sistem komputer. Ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan SDM mereka di bidang IT atau komputer,” tambahnya. (adv/gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments