Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaBaliLomba Gebogan, Menyemarakkan Kebudayaan Bali melalui Pelestarian Buah dan Sayuran Lokal

Lomba Gebogan, Menyemarakkan Kebudayaan Bali melalui Pelestarian Buah dan Sayuran Lokal

GATRABALI.COM, DENPASAR – Dalam rangka pelestarian buah dan sayuran lokal Bali, Pemerintah Provinsi Bali telah menyelenggarakan Lomba Gebogan di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon Denpasar, sebagai bagian dari KBS Festival Tahun 2023 pada tanggal 15 Agustus.

Lomba ini bertujuan untuk mempromosikan penggunaan buah dan sayuran lokal Bali dalam acara adat dan festival, dengan penilaian berdasarkan kreativitas, jenis bahan, seni penyusunan, keserasian bentuk dan warna, serta makna filosofi tri angga dari gebogan.

Baca Juga  Tanggapi Kenaikan Pajak 40% Ini Kata Pelaku Usaha SPA di Bali

Hasil dari lomba ini menyatakan Juara 1 diraih oleh Kota Denpasar, Juara 2 oleh Kabupaten Karangasem, dan Juara 3 oleh Kabupaten Buleleng.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali, I Wayan Sunada, berharap Lomba Gebogan ini dapat mendukung pertanian lokal dan mendorong masyarakat untuk mengonsumsi buah lokal dalam acara-adat mereka.

Salah satu juri, Ida Ayu Made Diastini, menjelaskan kriteria penilaian dan tujuan Pemprov Bali dalam melangsungkan lomba ini.

Baca Juga  Satu Korban Jiwa dan Dua Orang Luka-Luka Akibat Tanah Longsor di Kampung Anyar

“Harapannya adalah agar produk lokal Bali tetap eksis dan dikenal oleh masyarakat luas,”ungkapnya.

Peserta, seperti Ketut Budartini dan Luh Dewi dari Buleleng, merasa bangga mewakili daerahnya dan senang dengan pencapaian mereka, sambil berharap untuk menjadi lebih baik di masa depan. (Adv/gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments