Senin, Juli 22, 2024
BerandaBaliPemkab Tabanan Gelar Pendidikan Politik dan Lomba Stand Up Comedy untuk Generasi...

Pemkab Tabanan Gelar Pendidikan Politik dan Lomba Stand Up Comedy untuk Generasi Muda

GATRABALI.COM, TABANAN – Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pilkada serentak serta memperkuat wawasan kebangsaan dan pemahaman akan bahaya narkotika, Pemerintah Kabupaten Tabanan menggelar pendidikan politik bagi generasi muda.

Acara yang diinisiasi oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M, ini juga dirangkaikan dengan lomba Stand Up Comedy Tabanan sebagai bagian dari peringatan Bulan Bung Karno VI Tahun 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Marya pada Jumat, 21 Juni 2024, tersebut disambut antusias oleh 700 siswa SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan. Acara ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Tabanan atau yang mewakili, pimpinan OPD terkait, para juri, serta undangan lainnya yang memeriahkan acara tahunan tersebut.

Sesi pembukaan diisi dengan penampilan stand up comedy bertema “Pemuda Tabanan Generasi Emas Bebas Narkoba”, yang tidak hanya menjadi ajang kreativitas bagi generasi muda tetapi juga sebagai kampanye menjauhi narkoba.

Baca Juga  Buleleng Sosial Community Gelar Diskusi Bagi Komunitas Generasi Z yang Peduli Sosial

Pendidikan politik dimoderatori oleh I Putu Weda Subawa dengan Bupati Sanjaya sebagai narasumber. Dalam penyampaiannya, Sanjaya mengingatkan para siswa tentang sejarah perjuangan Bung Karno sebagai presiden pertama Indonesia dan bapak bangsa yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

“Tujuannya agar anak-anak kita mewarisi semangat perjuangan para pahlawan kita. Tanpa anak muda, siapa lagi yang akan membangun Tabanan 100 tahun ke depan,” ujarnya.

Sanjaya juga berbagi kisah tentang perjalanan pendidikannya dan pengalamannya dalam berbagai organisasi sejak muda hingga terjun ke dunia politik. Dia menilai politik sebagai seni membangun harapan dan mengajak para siswa untuk aktif dalam organisasi seperti OSIS sebagai wadah menempa karakter dan kepemimpinan.

Baca Juga  Bali Siap Gelar AFC Women Asian Cup U-17, Pj Gubernur Mahendra Jaya Beri Dukungan Penuh

“Kita harus memiliki mental juang dan spirit untuk membangun daerah ini. Tantangan kita saat ini adalah teknologi. Satu pihak sangat luar biasa, tetapi di sisi lain bisa menghilangkan nilai-nilai penting. Bapak/Ibu guru harus terus menanamkan nilai-nilai Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945,” imbuhnya.

Melalui pendidikan politik ini, Sanjaya berharap generasi muda siap menyongsong Pilkada Serentak pada 27 November 2024 dan berpartisipasi aktif dalam pemilu untuk berkontribusi membangun Tabanan dan Bali yang lebih baik.

Acara yang dirangkaikan dengan kuis bertema Bulan Bung Karno ini mendapat antusiasme tinggi dari para siswa. Sanjaya menyambut baik kecerdasan dan keberanian anak-anak muda Tabanan. Dia menekankan pentingnya memegang teguh akar budaya, kepribadian, dan karakter sebagai orang Tabanan.

Baca Juga  Bupati dan Wakil Bupati Jembrana Hadiri HUT Paguyuban Kelian Dinas/Kaling Kecamatan Mendoyo

“Generasi muda Tabanan harus bangga sebagai orang Tabanan dan tetap tegak berdiri di atas pijakan kaki kita. Akar budaya, kepribadian, dan karakter kita harus kita teguhkan,” tegasnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tabanan, Drs. Putu Dian Setiawan, sebagai ketua panitia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tabanan atas dukungan penuh untuk kegiatan ini. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam kelancaran acara, terutama para siswa SMA/SMK di Tabanan yang menyambut baik kegiatan ini. (gus/gb)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments