Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaBaliPersonil Satpol PP Buleleng Siap Menjaga Ketertiban Lomba Gerak Jalan dan LKBB...

Personil Satpol PP Buleleng Siap Menjaga Ketertiban Lomba Gerak Jalan dan LKBB dalam Peringatan HUT RI

GATRABALI.COMBULELENG – Lomba Gerak Jalan merupakan kegiatan yang paling ditunggu jelang peringatan HUT RI. Bagaimana tidak, lomba yang disebut sebagai lomba pembakar semangat semua kalangan ini sangat disambut euforia setiap tahunnya oleh masyarakat.

Untuk di Kabupaten Buleleng, lomba gerak jalan tahun ini akan kembali di gelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 pada tanggal 14 dan 15 Agustus tingkat SD dan SMP dengan menempuh rute sejauh 8 Km. Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK dikhususkan untuk mengikuti Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) pada tanggal 16 Agustus 2023.

Guna menciptakan situasi aman dan tertib saat kegiatan, sebanyak 60 personil dari Satpol PP Buleleng akan dikerahkan masing-masing 4 orang di 11 titik persimpangan termasuk juga digaris start dan finish. Dimana untuk rute gerak jalan akan diawali dari Jl. Udayana – Jl. Ngurah Rai – Jln. Pramuka – Jl. Diponegoro – Jl. Erlangga – Jl. Imam Bonjol – Jl. Gajah Mada – Jl. Veteran – Jl. Pahlawan – Jl. Sudirman – Jl. A. Yani – Jl. Dewi Sartika – Jl. Udayana, sedangkan untuk LKBB akan dipusatkan didepan Taman Kota Singaraja.

Baca Juga  Panitia Pembahas Ranperda Insentif dan Kemudahan Investasi Gelar Rapat Penyempurnaan
Kepala Satpol PP Buleleng I Gede Arya Suardana
Kepala Satpol PP Buleleng I Gede Arya Suardana. Sumber foto: Kominfosanti Buleleng

“Semoga dengan strategi pengamanan ini dapat menciptakan situasi yang kondusif, nyaman, aman dan tertib saat lomba nanti,” tegas Kepala Satpol PP Buleleng I Gede Arya Suardana saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa 8 Agustus 2023.

Suardana menegaskan, untuk lomba LKBB yang rencananya akan diagendakan di jalan seputaran Taman Kota Singaraja berpotensi dipenuhi kepadatan penonton. Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan panitia dalam hal ini Disdikpora Buleleng untuk memasang pembatas atau pagar disekitaran pertunjukan.

Baca Juga  Pj Ketut Lihadnyana Hadiri Rapat Paripurna DPRD Buleleng

“Kami akan berkoordinasi dengan Disdikpora untuk sekiranya bisa memasang pagar atau pembatas diseputaran kegiatan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung agar situasi tetap kondusif saat acara berlangsung. Terlebih lagi bisa melibatkan unsur kepolisian untuk membackup keamanan,” imbuhnya.

Mantan Camat Banjar itu menambahkan, selain di Kabupaten, Lomba Gerak Jalan tingkat SD juga diselenggarakan dimasing-masing kecamatan. Namun untuk keamanan dan ketertiban acara disana sudah dikoordinasikan oleh Muspika Kecamatan masing-masing, yang terdiri dari unsur Satpol PP Kecamatan, Danranmil, Bhabinkamtibnas termasuk Linmas disana. Hanya saja skala anggota Satpol PP di kecamatan lebih sedikit daripada di kabupaten.

Baca Juga  Ketut Lihadnyana Berharap Gerokgak Jadi Kecamatan Rumput Laut

Di akhir, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan jangan menjadikan event ini untuk menunjukkan ego pribadi bahkan kelompok sehingga mengganggu situasi kenyamanan dan ketertiban saat kegiatan. “Mari sambut lomba ini dengan menunjukkan rasa nasionalisme. Masyarakat bisa menonton dan sekiranya bisa menjaga situasi keamanan dan ketertiban. Itu yang kami harapkan,” tutupnya. (adv/gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments