Senin, Juli 22, 2024
BerandaBaliPj Bupati Buleleng Galakkan Sistem Merit dan Manajemen Talenta dengan Kedatangan KASN

Pj Bupati Buleleng Galakkan Sistem Merit dan Manajemen Talenta dengan Kedatangan KASN

GATRABALI.COM, BULELENGPenjabat (PJ) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dengan menghadirkan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) ke Kabupaten Buleleng.

Tujuan kedatangan KASN adalah untuk melakukan sosialisasi tentang penerapan sistem merit dan penguatan manajemen talenta dalam pengelolaan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sosialisasi yang dihadiri oleh para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilaksanakan di Ruang Rapat Lobi Rumah Jabatan Bupati Buleleng pada Rabu, 10 Juli 2024. Narasumber dalam acara ini adalah Asisten KASN, Pokja Pengawasan Bidang Sistem Merit Wilayah 1, Muhlis Irfan.

Baca Juga  Tanggulangi Inflasi, Kelurahan Padangsambaian Panen Cabai dan Terong

Lihadnyana menjelaskan bahwa penerapan sistem merit dan manajemen talenta merupakan langkah penting untuk mengurangi intervensi politik dalam pengisian jabatan ASN. Dia juga menekankan bahwa Kabupaten Buleleng telah memperoleh surat pengecualian untuk melantik Jabatan Pimpinan Tinggi melalui proses seleksi terbuka, sebagai bukti komitmen dalam reformasi birokrasi.

“Dengan sistem ini, kita ingin memastikan bahwa karir seorang ASN ditentukan berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang objektif. Hal ini sesuai dengan prinsip dasar dari sistem merit yang harus diterapkan secara konsisten di seluruh instansi pemerintah,” ujar Lihadnyana.

Baca Juga  Penjabat Bupati Buleleng Resmi Tutup Lovina Festival IX

Muhlis Irfan dari KASN menambahkan bahwa sistem merit tidak hanya mengubah paradigma administratif dalam manajemen ASN, tetapi juga membuka peluang mobilitas karir yang lebih luas bagi ASN di Buleleng.

“Dengan adopsi sistem merit, ASN dapat mengembangkan karirnya tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga hingga ke tingkat nasional,” tambahnya.

Sementara itu, Lihadnyana memerintahkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat untuk melakukan langkah-langkah konkret setelah sosialisasi ini, termasuk kelanjutan sosialisasi di tingkat SKPD dan pembenahan dalam penerapan sistem manajemen talenta.

Baca Juga  Hadapi Pasar Bebas, Pj Lihadnyana: Pemuda Buleleng Harus Terus Tingkatkan Kompetensi

Diharapkan, upaya ini akan memperkuat integritas dan kinerja birokrasi di Buleleng, serta memberikan motivasi bagi ASN untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kontribusi terhadap pembangunan daerah.(adv/gb)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments