Senin, Juli 15, 2024
BerandaNewsPj Bupati Buleleng Tegaskan Kendaraan Plat Merah Merupakan Aset untuk Operasional Pemerintahan

Pj Bupati Buleleng Tegaskan Kendaraan Plat Merah Merupakan Aset untuk Operasional Pemerintahan

GATRABALI.COM, BULELENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menegaskan kepada seluruh jajaran untuk menggunakan aset dalam mendukung operasional pemerintahan.

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyikapi beredarnya video motor plat merah yang dikendarai turis asing di seputaran jalan Teuku Umar Barat, Denpasar viral pada Rabu 5 April 2023.

Motor plat merah yang dikendarai turis tersebut diketahui merupakan kendaraan dinas Perbekel Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan. Saat video tersebut viral, pihaknya langsung meminta klarifikasi Perbekel Desa Bukti.

“Dia (perbekel desa bukti) sudah minta maaf, motor itu setiap rapat di kabupaten memang dibawa perbekel. Saat itu sedang dibawa ke Denpasar untuk nengok cucunya,”terangnya.

Baca Juga  Pj Bupati Buleleng Mendapat Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dari IPDN

Pj Lihadnyana mengatakan kendaraan dinas tersebut merupakan aset desa. Meski demikian, pihaknya wajib melakukan pembinaan agar tidak terjadi hal serupa.

“Itu aset desa meskipun demikian karena perbekel/ desa menjadi binaan kabupaten wajib kita memberitahukan agar yang lain tidak mengikuti seperti itu. Dia (perbekel desa bukti) sudah minta maaf dan mungkin tidak terpikirkan sebelumnya itu akan terjadi,”katanya.

Disisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa sudah memberikan peringatan kepada perbekel desa Bukti untuk menjaga seluruh aset yang dimiliki. Serta memanfaatkan aset tersebut sesuai dengan fungsinya mendukung operasional dinas di kantor desa.

Baca Juga  Sekda Tabanan Buka Bulan Bahasa Bali ke V Tahun 2023

“Kedepan ini menjadi bahan evaluasi untuk lebih berhati-hati termasuk untuk seluruh perangkat daerah dan perbekel. Dan dalam waktu singkat saya juga akan membuat edaran kepada seluruh perbekel dan siapapun yang menggunakan fasilitas pemerintah untuk menggunakannya untuk kepentingan pemerintah,”tegasnya.

Sementara Perbekel Desa Bukti Gede Wardana menjelaskan saat itu dirinya berangkat ke Denpasar menggunakan kendaraan dinas. Bertujuan untuk menyerahkan laporan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) ke Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Di tengah perjalanan, dirinya mendapat telepon dari Sekretaris Desa (Sekdes) jika ada beberapa hal yang kurang dari laporan tersebut. Karena lokasi dekat dengan rumah anaknya, Perbekel Wardana memutuskan untuk mampir menengok cucu. Motor tersebut kemudian dipinjamkan sang anak kepada temannya yang notabene warga negara Amerika tanpa sepengetahuan sang ayah.

Baca Juga  Bupati Lihadnyana Jelaskan RKPD yang Disusun Harus Sesuai dengan Kemampuan Anggaran yang Ada

"Sayangnya kendaraan dinas itu digunakan turis asing untuk mencari ATM hingga ke jalan raya. Hal itu kemudian direkam warga menggunakan kamera ponsel dan di unggah ke sosial media sehingga menjadi viral," ucap Gede Wardana. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments