Minggu, Juni 16, 2024
BerandaNewsSeekor Paus Ukuran Besar Ditemukan Terdampar di Pantai Yehleh

Seekor Paus Ukuran Besar Ditemukan Terdampar di Pantai Yehleh

 

GATRABALI.COM, JEMBRANA – Seekor paus ukuran besar ditemukan terdampar di Pantai Yehleh, Dusun Pengeragoan Dangin Tukad, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Sabtu 8 April 2023. Paus awalnya ditemukan masih dalam keadaan hidup, namun selang beberapa jam kemudian mati.

Dikutip dari laman updatebali.com, dari informasi, paus dilihat pertamakali oleh warga bernama Putu Suardana (48) asal Desa Surabrata, Selemadeg Barat, Tabanan, sekitar pukul 12.00 wita. Kemudian temuan itu dilaporkan pada Babinkamtibmas, Satpolair dan PSDKP Jembrana. BKSDA Jembrana juga datang ke lokasi temuan paus tersebut.

Baca Juga  Sebanyak 125 Peserta pada Kejuaraan Motorcross, Bupati Tamba Harapkan Banyak Lahir Crosser Handal di Jembrana

"Saat ditemukan kepala berada pada posisi sebelah timur. Sempat dilihat warga, paus mengepakkan ekor beberapa kali, kemudian terdiam setelah 2 jam kemudian," Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jembrana Ahmad Januar, ditemui di lokasi, Sabtu 8 April 2023.

Ahmad Januar menjelaskan, temuan paus yang terdampar di pesisir pantai Yehleh ini berjenis paus Sperma, dengan ukuran panjang sekitar 17 meter. "Untuk penyebabnya kita belum bisa pastikan karena belum dilakukan nekropsi untuk pemerikasaan lebih lanjut," pungkasnya.

Baca Juga  Puluhan Juta Rupiah Raib Akibat Pencurian Seperangkat Daun Gamelan Gong

Paus yang ditemukan warga tersebut, saat ini sudah diamankan oleh petugas BKSDA, namun masih berada di pesisir pantai. "Kita nekropsi (pembedah) besok. Sekarang kita ikat dengan tali, supaya tidak terbawa arus jika air laut pasang," pungkasnya. (gatrabali)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments