Rabu, Februari 21, 2024
BerandaNewsSeluruh Pimpinan OPD dan Perumda Ikuti Lomba Masak Berbahan Pangan Lokal dalam Meriahkan...

Seluruh Pimpinan OPD dan Perumda Ikuti Lomba Masak Berbahan Pangan Lokal dalam Meriahkan HUT Kota Denpasar ke 235

 

GATRABALI.COM, DENPASAR – Seluruh  pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Perumda Kota Denpasar, mengikuti Lomba Masak Berbahan Baku Lokal pada Jumat 10 Februari 2023.

Kegiatan lomba ini dihelat untuk memeriahkan HUT Kota Denpasar, ke 235 yang akan jatuh pada 27 Februari mendatang. 

Digelar di parkir Utara Taman Lumintang, hadir untuk meninjau rangkaian lomba ini Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara. 

Selain itu, hadir pula Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa yang didampingi Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede,  serta Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana dan juga Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Baca Juga  Pantau Kesehatan, Puskesmas IV Densel Sambangi Kediaman Pasien ODGJ

Ketua Panitia Lomba Memasak, Ida Bagus Mayun Suryawangsa mengatakan pelaksanaan lomba ini melibatkan 43 pimpinan OPD se Kota Denpasar dan pasangannya. Adapun jenis makanan yang dimasak adalah nasi goreng yang berbahan pangan lokal yang sehat dan berimbang, seperti nasi, ketela, jagung, sayuran dan lainnya.

"Kami melibatkan para pimpinan OPD dan pasangannya untuk mengikuti lomba memasak ini. Dengan menu nasi goreng, para peserta diberikan waktu 60 menit untuk memasak dan menata hidangannya," jelasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Denpasar, Jaya Negara sembari meninjau masing masing meja peserta mengatakan, lomba memasak yang digelar hari ini merupakan implementasi dari upaya Penganekaragaman Pangan Berbasis B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman). 

"Pemahaman masyarakat terkait dengan pangan, selama ini hanya bertumpu pada sumber karbohidrat beras. Padahal potensi sumber pangan lokal daerah di sekitar kita sangat melimpah seperti jagung, ketela pohon, talas, kentang, suweg dan sebagainya. Melalui lomba memasak berbasis bahan lokal ini, saya ingin mengajak untuk semakin meningkatkan konsumsi pangan sumber protein dan vitamin dari hewani, umbi-umbian, sayur dan buah-buahan," urainya. 

Baca Juga  Bupati Lihadnyana Serahkan Bantuan kepada Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Dana Punia Singaraja

Jaya Negara juga mengapresiasi keikutsertaan para pimpinan OPD bersama pasangannya dalam kegiatan lomba memasak ini. Dia melihat, kegiatan semacam ini bisa diupayakan sebagai langkah dalam mengeratkan kebersamaan antara jajaran OPD di Kota Denpasar. 

"Pelaksanaan lomba memasak ini melibatkan para pimpinan OPD dan pasangannya. Pola yang ingin kita terapkan di sini adalah bagaimana para pimpinan ini mengelola organisasi dan dukungan dari pihak suami atau istri dan keluarga dalam berkarir dan bertugas," papar Jaya Negara. 

Ada yang unik di tengah pelaksanaan perlombaan ini. Wawali Arya Wibawa turut beraksi dengan memasak nasi goreng di  terpisah dengan para peserta. Aksinya disambut tepuk riuh para penonton yang menyaksikan Arya Wibawa demo memasak menggunakan sutil dan juga wajan untuk memasak. 

Baca Juga  Mobil Pikap Terguling dan Nyungsep ke Sawah di Banjar Pangkung Buluh Kaliakah

"Ini sebagai bentuk dukungan saya kepada para peserta yang berlomba hari ini. Semangat untuk para peserta, jadikan ini sebagai ajang untuk meningkatkan kebersamaan antara OPD," katanya. 

Lomba ini melibatkan tiga dewan juri dari ICA BPD Bali dan Politeknik Kesehatan Denpasar, pelaksanaan lomba ini melahirkan enam pemenang. Juara I diperoleh   Kepala Badan Pendapatan Daerah,  Juara II diraih Kadisperindag  dan Juara III diraih Kadis Perkim.

Sedangkan Juara Harapan I diraih oleh Dirut RSUD Wangaya, Juara Harapan II Kadisdikpora dan Juara Harapan III diraih Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments