Selasa, Juli 16, 2024
BerandaNewsTingkatkan Partisipasi Masyarakat, Wawali Arya Wibawa Buka Bulan Bakti Gotong Royong Di...

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Wawali Arya Wibawa Buka Bulan Bakti Gotong Royong Di Denpasar Selatan

 

GATRABALI.COM, DENPASAR – Menyambut Bulan Bakti Gotong – Royong Masyarakat yang tengah berlangsung pada bulan Mei 2023 ini, DPC Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Denpasar Selatan menggelar rangkaian kegiatan yang menggandeng seluruh lapisan masyarakat di wilayah Denpasar Selatan. Kegiatan dipusatkan di Wantilan Pura Dalem Sakenan pada Minggu 28 Mei 2023 pagi.

Dalam kesempatan ini hadir langsung Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa membuka acara bersama Anggota DPRD Provinsi Bali, Ni Wayan Sari Galung. Hadir pula Camat Densel, Made Sumarsana, Lurah Serangan, Wayan Karma serta undangan lainnya. 

Acara juga diisi dengan sosialisasi World Mosquito Program (WMP)  yakni penggunaan bakteri Wolbachia untuk menghambat penularaan penyakit bawaan nyamuk yakni Demam Berdarah. Sosialisasi dibawakan Kabid Pelayanan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. A.A Ngr Gde Dharmayudha, M.Kes.

Baca Juga  Polisi Amankan Tersangka Curanmor Mobil di Rumah Kost di Jembrana 

Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat di Kecamatan Densel kali ini.

"Bahwa Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat mempunyai tujuan dalam mempercepat proses pembangunan di Denpasar melalui integrasi sosial masyarakat".

“Pelaksanaanya tentu membutuhkan dukungan serta partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, sehingga program ini benar-benar merupakan program pembangunan yang berasal dari masyarakat, untuk masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat. Dimana berlandaskan semangat gotong royong sebagai ciri khas budaya bangsa Indonesia atau spirit Vasudhaiva Kutumbakam," ujarnya. 

Sementara Ketua Panitia, Dr. Made Oka Cahyadi Wiguna, S.H., M.Kn. mengatakan Bulan Bakti Gotong Royong Kecamatan Densel 2023 ini mengambil tema "Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Kecamatan Densel Kita Tingkatkan Peran DPC LPM Sebagai Mitra Pemerintah Kota Denpasar".

Baca Juga  Seorang Pria Gantung Diri di Bangunan Joglo Pinggir Sungai Panahan, Tabanan

"Prinsip kegiatan ini adalah berasal dari masyarakat, untuk masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat berlandaskan spirit  Vasudhaiva Kutumbakam atau bergotong royong," katanya. 

Ditambahkannya, tujuan kegiatan ini adalah untuk semakin meningkatkan kepedulian serta partisipasi masyarakat melalui integrasi sosial dalam mendukung pembangunan yang dirancang oleh Pemerintah Kota Denpasar.

"Meningkatkan implementasi dari spirit Vasudhaiva Kutumbakam (bergotong royong) yang merupakan warisan budaya adiluhung leluhur serta juga mengamalkan butir Pancasila Sila Ketiga yakni Persatuan Indonesia. Dalam kegiatan kali ini kami menggandeng seluruh lapisan masyarakat di Denpasar Selatan mulai dari PKK, Karang Taruna, Jumantik, Komponen Masyarakat Desa/Kelurahan serta siswa sekolah. 

Baca Juga  Partisipasi Pemilih Cerdas Kunci Sukses Pemilu 2024

Kami juga menerapkan filosofi Tri Hita Karana dalam kegiatan yang kami lakukan mulai dari kerja bakti di area Pura Dalem Sakenan, Penyerahan bantuan kursi roda yang telah kami lakukan sebelumnya pada tanggal 7 Mei  lalu. Kemudian pemberian bantuan seperti Bingkisan kepada kaum Ibu dan Bayi, pemberian bantuan busana Pemangku kepada Pemangku Pura Dalem Sakenan dan juga sosialisai mengenai World Mosquito Program (WMP)  yakni penggunaan bakteri Wolbachia untuk menghambat penularaan penyakit bawaan nyamuk. Semoga melalui kegiatan ini, peran serta masyarakat semakin signifikan dalam mendukung pembangunan di Kota Denpasar," ujarnya. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments