Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaBaliWayan Koster Buka Rakernas ASDEPAMSI 2023

Wayan Koster Buka Rakernas ASDEPAMSI 2023

GATRABALI.COM, DENPASAR – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Dewan Pengawas PDAM Seluruh Indonesia (ASDEPAMSI) Tahun 2023 resmi dibuka Gubernur Bali Wayan Koster.

Saat membuka acara, Gubernur Bali Wayan Koster menjelaskan pemahaman dan pengetahuan dalam mengelola air dengan baik untuk kebutuhan masyarakat. Selain itu air juga sangat penting untuk kebutuhan pasokan pangan. Air harus dikelola dengan baik dari hulu sampai hilir. Sumber-sumber mata air harus diperhatikan, karena pengelolaan dari hulu biasanya sering lalai sehingga air yang dihasilkan kualitasnya kurang baik.

“Kita harus memiliki kebijakan dengan regulasi untuk menjaga sumber mata air agar debit dan kualitasnya terus terjaga secara berkelanjutan. Sehingga saya memberlakukan Pergub Bali tentang perlindungan danau, mata air, sungai dan laut. Saya harap ini dapat berjalan dengan baik,” ujar Koster saat membuka Rakernas ASDEPAMSI 2023, di Prime Plaza Hotel Sanur, Rabu 5 juli 2023.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Virus DBD, Kelurahan Sesetan Lakukan Foging Focus
Gubernur Wayan koster didampingi Sekda Buleleng Gede Suyasa saat hadiri Rakernas ASDEPAMSI Tahun 2023
Gubernur Wayan koster didampingi Sekda Buleleng Gede Suyasa saat hadiri Rakernas ASDEPAMSI Tahun 2023. Sumber foto: Humas Buleleng

Pada kesempatan ini, Sekda Buleleng Gede Suyasa bertindak sebagai Ketua Panitia Rakernas ASDEPAMSI 2023. Dalam sambutannya, Gede Suyasa mengatakan ASDEPAMSI merupakan tempat berkumpulnya para Dewan Pengawas PDAM untuk melakukan kegiatan pembahasan berbagai persoalan yang dihadapi oleh perusahaan air minum di daerah. Mengingat air minum merupakan kebutuhan vital masyarakat maka keberadaan dewan pengawas menjadi sangat penting dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perusahaan daerah air minum.

Baca Juga  Welcome Dinner Bersama Gubernur Bali dalam Rakernas ASDEPAMSI

“Sehingga dapat diyakinkan bahwa hak rakyat terhadap kebutuhan air minum bersih dapat terpenuhi dan terjaga dengan baik,” jelasnya.

Keberadaan perusahaan air minum di daerah bukan semata-mata perusahaan daerah yang hanya berorientasi bisnis, namun jauh lebih mulia dari pada itu. Yakni hadirnya pemerintah melalui perusahaan umum daerah air minum untuk menjaga pemenuhan kebutuhan dasar air minum masyarakat.

“Jadi tujuan Rakernas ini untuk menyusun rencana kerja tahunan ASDEPAMSI, melakukan pemilihan pengurus antar waktu DPP ASDEPAMSI, saling bertukar pikiran dan pengalaman yang bersifat best practice dalam pengawasan perusahaan air minum di daerah,” imbuh Gede Suyasa.

Baca Juga  Sekda Gede Suyasa Hadiri Seminar P2M FHIS Undiksha Singaraja

Sementara, Ketua Umum DPP ASDEPAMSI Dodi Rosadi mengutarakan harapannya kedepan agar ASDEPAMSI menjadi satu-satunya organisasi tempat bernaung para dewan pengawas dan komisaris perusahaan air minum di Indonesia. Sehingga kualitas organisasi harus ditingkatkan.

“Saya harap seluruh peserta mendapatkan manfaatnya dari Rakernas ini. Dan satu lagi, saya melihat antara ASDEPAMSI BALI dengan PERPAMSI nya sangat kompak, itu sangat luar biasa bagi saya, semoga bisa menjadi contoh di Provinsi lain, ini baru pertama kali, ya ini di Bali,” pungkasnya. (adv/gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments