Sabtu, April 13, 2024
BerandaNewsBupati Suwirta Ajak Petani Manfaatkan Pupuk Olahan TOSS Center

Bupati Suwirta Ajak Petani Manfaatkan Pupuk Olahan TOSS Center

 

GATRABALI.COM, KLUNGKUNG – Guna mendukung pertanian organik, pemanfaatan pupuk kompos harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat melakukan panen komoditas kedelai dengan kajian pupuk TOSS Center di Balai Bibit Utama (BBU) Provinsi Bali Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Senin (31/10/2022).

"Saya sangat kaget setelah melihat hasil dari pemakaian pupuk kompos olahan dari TOSS Center ternyata hasilnya sangat signifikan dibandingkan dengan pupuk kimia," ujar Bupati Suwirta.

Baca Juga  Kecelakaan di Jembrana, Satu Orang Pemudik dengan Motor Tewas di TKP.

Bupati Suwirta juga tidak henti-hentinya mengajak para petani untuk mendukung dan tentunya memanfaatkan pupuk hasil olahan dari TOSS Center ini. Panen ini dilakukan sebagai implementasi pemanfaatan pupuk yang dihasilkan oleh TOSS Center dan menekan inflasi.

"Oleh sebab itu, jangan lagi ragu untuk menggunakan pupuk olahan dari TOSS Center ini. Upaya ini juga dilakukan sebagai bentuk untuk mendukung program Bapak Gubernur Bali yaitu untuk mewujudkan pertanian organik," pinta Bupati Suwirta kepada petani disamping Kadis LHP Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana.

Baca Juga  Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida mengatakan bahwa panen kedelai menggunakan pupuk ozaki olahan dari TOSS Center hasilnya sekitar 2,4 ton per hektare. Sedangkan menggunakan pupuk kimia hasilnya sekitar 1,3 ton per hektare. Jadi keunggulan dengan menggunakan pupuk olahan TOSS Center ini kelihatan kesuburan tanah sangat gembur, disamping itu saat musim hujan kedelai masih tegak berdiri dan hasilnya pun lebih meningkat dibandingkan dengan pupuk kimia.

Baca Juga  Ajak Warga Pilah Sampah dari Sumbernya, Lurah Panjer Harapkan Masyarakat Sadar Terhadap Lingkungan

Pihaknya juga menambahkan pupuk ozaki ini nantinya dapat tetap diproduksi, karena sangat membantu Dinas Pertanian dalam mewujudkan program menuju pertanian organik dan membantu mengurangi biaya pembelian pupuk. Dengan menggunakan pupuk ini juga dapat menjadi solusi kedepannya untuk meningkatkan hasil produksi panen. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments