Minggu, Juni 16, 2024
BerandaNewsSekda Alit Wiradana Buka Kegiatan Pembinaan dan Pemilihan Abdi Yasa Teladan 2023...

Sekda Alit Wiradana Buka Kegiatan Pembinaan dan Pemilihan Abdi Yasa Teladan 2023 Kota Denpasar

 

GATRABALI.COM, DENPASAR – Guna mendudukkan Insan Awak Kendaraan Umum sejajar dengan insan pembangunan lainnya dengan cara meningkatkan motivasi melalui pemberian penghargaan terhadap profesinya dan untuk membangun sikap dan perilaku serta mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu-Lintas jalan sebagai wujud aktualitas, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perhubungan Kota Denpasar mengadakan kegiatan Pembinaan dan Pemilihan Abdi Yasa Teladan tahun 2023, Senin 29 Mei 2023 di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Kegiatan ini di buka Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana mewakili Walikota Denpasar IGN Jaya Negara yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta secara simbolis.

Hadir juga pada kesempatan ini Ketua Komisi III DPRD Kota Denpasar, Eko Supriadi, Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan dan unsur porkopinda Kota Denpasar.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kota Denpasar sebagai pusat pemerintahan provinsi Bali, pusat perdagangan, pendidikan dan pariwisata, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan volume lalu lintas yang sangat signifikan dan jumlah penggunaan kendaraan bermotor pribadi lebih banyak dibandingkan penggunaan angkutan umum.

Baca Juga  Pemkab Buleleng Respon Cepat Terhadap Keluhan Jalan Rusak di Desa Pegadungan

Penyelenggaraan angkutan umum khususnya angkutan orang dan pariwisata merupakan komponen yang sangat penting dalam penyebaran pergerakan orang dan jasa dari satu tempat ke tempat lainnya di seluruh wilayah kota Denpasar yang terintegrasi dengan kabupaten/kota lainnya yang ada di Bali. Hal ini  disampaikan Sekda Alit Wiradana saat menbacakan sambutan Walikota Denpasar secara tertulis.

Beberapa hal yang mendasar masih perlu ditangani dengan baik adalah rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan penggunaan angkutan umum serta kualitas pelayanaan angkutan umum  yang perlu terus kita tingkatkan.

Sesuai dengan amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 254 ayat (1) yang Mewajibkan pemerintah dan pemerintah daerah memberikan layanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya pendidikan dan pelatihan bagi tenaga mekanik dan pengemudi, maka saya sangat mengapresiasi kegiatan pemilihan Abdiyasa teladan tahun 2023 dan berharap kepada seluruh stakeholder penyelenggaraan angkutan umum seperti para operator, pengemudi agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa angkutan umum serta bersama-sama mewujudkan keselamatan lalu-lintas dan angkutan jalan.

Baca Juga  Finalis JBB 2023 Siap Promosikan Pariwisata Buleleng

Diharapkan pelaksanaan pemilihan Abdiyasa teladan ini yang dapat melahirkan insan awak kendaraan angkutan umum yang unggul yaitu memahami tata cara dan burdaya tertib berlalu lintas, serta berperilaku sopan santun, dan mampu menggerakkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum sebagai sarana transportasi dalam kehidupan sehari-hari.

“Pada kesempatan ini saya wajib mengingatkan panitia dan peserta bahwa agar dapat mengimplementasikan spirit  vasudhaiva kutumbakam (selalu menyama braya), gotong royong, dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum di kota Denpasar.

Sementara Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan  mengatakan, Untuk Tema Abdi Yasa Teladan Tahun 2023 ” Dengan Spirit Vasudhaiva Kutumbakam Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Angkutan Umum.

Baca Juga  Pemkot Denpasar Keluarkan Status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung

Dimana Pelaksanaan Pemilihan Abdi Yasa Teladan Kota Denpasar ini dilaksanakan melalui ujian tertulis dan hasil penilaian aktivitas pada saat diskusi untuk menetapkan Juara I, II dan III yang sebelumnya diberikan materi oleh beberapa instansi dan organisasi sebagai narasumber seperti, Unsur Satlantas Polresta Denpasar, Unsur Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Unsur Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar, Unsur Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Unsur Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Unsur PT (persero).AK. Jasa Raharja dan Ketua DPC Organda Kota Denpasar.

Adapun Peserta Abdi Yasa Teladan Tahun 2023 adalah dari Taxi Ngurah Rai Kota Denpasar, Pawiba, PO. Damri, Koperasi Jasa Kertha Margi Utama dan PT. Satria Trans Jaya dengan jumlah peserta 50 orang. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments