Selasa, Juli 16, 2024
BerandaBaliBadungMetode Pelayanan Sistem Parkir Baru Ini Akan Diterapkan di Bandara Ngurah Rai

Metode Pelayanan Sistem Parkir Baru Ini Akan Diterapkan di Bandara Ngurah Rai

GATRABALI.COM, BADUNG – PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai mulai memberlakukan pembayaran parkir secara non tunai menggunakan kartu uang elektronik dengan basis manless atau tanpa awak, yang memungkinkan pengguna jasa bertransaksi secara mandiri yang akan terhitung, Jumat, 1 Desember 2023 mendatang.

Sistem Ini merupakan salah satu upaya Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan transaksi nontunai serta untuk mempercepat perkembangan digitalisasi di bandara.

“Upaya mendukung transaksi nontunai ini telah kami jalankan sejak tahun 2021, saat itu kami terapkan sistem cashless. Artinya belum sepenuhnya manless karena masih ada proses mengambil karcis parkir di pintu masuk kendaraan dan menyerahkannya ke petugas di pintu keluar. Sementara nanti, per 1 Desember seluruh proses mulai masuk hingga keluar kendaraan dilakukan pengguna jasa secara mandiri dengan menempel kartu elektronik, tidak ada karcis parkir. Migrasi ini juga sebagai upaya pengurangan penggunaan kertas agar pelayanan di bandara semakin ramah lingkungan,” papar General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, Kamis, 9 November 2023 di Badung.

Baca Juga  Bandara I Gusti Ngurah Rai Siap Hadapi Lonjakan Penumpang Selama Libur Idul Adha 2024

Dirinya menyampaikan, tahap awal, pelaksanaan manless parking di tanggal 1 Desember 2023 hanya berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih, sementara untuk kendaraan roda dua masih menggunakan sistem cashless.

Dirinya menyampaikan, secara teknis proses kendaraan saat masuk ke Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah dengan menempelkan kartu elektronik (tap in) dan secara otomatis palang pintu akan terbuka.

Selanjutnya di proses kendaraan keluar, Handy mengingatkan agar kartu elektronik ditempelkan (tap out) adalah kartu elektronik yang sama seperti diigunakan saat proses masuk agar terbaca pada sistem.

“Untuk potensi kendala teknis, pada setiap dispenser tersedia tombol bantuan yang terhubung pada petugas di ruang kontrol yang akan membantu mengasistensi dan memberikan solusi atas kendala yang dialami serta bertugas memanggil petugas lapangan jika kendala tidak dapat segera tertangani,” ujarnya.

Baca Juga  Penumpang di Bandara Ngurah Rai Lampaui Prediksi Puncak Pergerakan di H-3 Libur Natal

Selanjutnya Dirinya mengatakan, Sebagai langkah sosialisasi terkait perubahan pola pelayanan parkir tersebut, sejak 9 November 2023 pelayanan parkir kendaraan dilaksanakan secara hybrid, menggunakan dua metode yakni cahless dan manless.

Sehingga, sejak masa sosialisasi tersebut pengguna jasa sudah dapat menempelkan kartu uang elektronik saat proses masuk dan keluar bandara.

Namun bagi pengguna jasa yang belum memiliki kartu uang elektronik masih dapat mengambil karcis parkir di pintu masuk dan pembayaran di pintu keluar dapat menggunakan kartu uang elektronik.

“Kami berharap dengan waktu sosialisasi yang cukup, saat full operation manless nanti seluruh pengguna jasa sudah dapat melaksanakan proses masuk dan keluar kendaraan dengan kartu uang elektronik dan tidak mengalami kendala saat melakukan transaksi parkir,” bebernya.

Dirinya menyampaikan, sistem pembayaran cashless memerlukan waktu yang lebih lama dalam proses transaksi, sehingga sering kali terjadi antrean kendaraan di pintu keluar terutama pada jam-jam ramai.

Baca Juga  Hebat! Komunitas Offroader Bantu Bersihkan Sisa Banjir Bandang Jembrana 

“Diterapkannya pembayaran secara manless atau tanpa awak ini diharapkan mampu menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Guna mendukung hal tersebut, kami mengimbau agar pengguna jasa dapat memastikan saldo pada kartu elektroniknya cukup untuk melakukan transaksi,” paparnya.

Dirinya menambahkan,, Adapun kartu uang elektronik yang saat ini dapat digunakan untuk pembayaran parkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai yaitu e-Money Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, Tap Cash dari BNI, dan Flazz dari BCA.

“Uang elektronik ini dapat dibeli dan diisi ulang saldonya di kantor bank atau minimarket.Selain itu, kartu uang elektronik BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri, tersedia dan dapat dibeli melalui petugas di pintu masuk dan keluar Bandara I Gusti Ngurah Rai,” tutupnya. (gun/gb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments