Senin, Juli 22, 2024
BerandaBisnis EkonomiOona Luncurkan Asuransi Keterlambatan Penerbangan Inovatif di Website Chatbot, WhatsApp dan Facebook...

Oona Luncurkan Asuransi Keterlambatan Penerbangan Inovatif di Website Chatbot, WhatsApp dan Facebook Messenger

GATRABALI.COM, JAKARTA – Oona, platform asuransi umum digital terkemuka di Asia Tenggara yang didukung oleh Warburg Pincus, mengumumkan peluncuran produk asuransi perjalanan inovatif terbarunya, Oona Flight Delay Insurance, yang berfokus pada wisatawan Indonesia. Peluncuran produk ini menandai masuknya Oona ke segmen direct-to-customer di pasar Indonesia setelah sebelumnya mengakuisisi PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk (“Oona Indonesia”) dan melakukan rebranding pada Februari 2023.

Menurut studi yang dilakukan Google, penelusuran “perjalanan internasional” di Indonesia tumbuh sebesar 280 persen pada tahun 2022, lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi. Penelusuran “paspor” dan “visa” juga meningkat lebih dari 50 persen pada periode yang sama, yang menunjukkan adanya peningkatan minat pada kunjungan ke luar negeri. Meskipun permintaan perjalanan meningkat, industri penerbangan dihadapkan dengan tantangan, salah satunya yaitu 33,1 persen penerbangan mengalami keterlambatan dari bandara Jakarta tahun lalu, yang merupakan penundaan tertinggi ke-11 secara global, seperti yang dinyatakan oleh perusahaan intelijen penerbangan FlightAware. 

Baca Juga  Penjabat Gubernur Bali Paparkan Capaian Kinerja Triwulan Kedua 2024

Oona memberikan kenyamanan dalam pengalaman keterlambatan penerbangan dengan asuransi flight delay dengan harga terjangkau dan proses pembelian yang mudah. Produk ini dapat diakses melalui Website Chatbot, WhatsApp, dan Facebook Messenger, dan menjadi yang pertama di Indonesia. Produk ini tersedia dengan harga Rp35.000 untuk maksimal empat rangkaian penerbangan. Pelanggan dapat membeli asuransi ini hingga 2 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan, untuk keterlambatan mulai dari 1 jam, kapan saja dan di mana saja. Oona menawarkan voucher lounge instan dan bebas klaim yang akan dikirim ke ponsel pelanggan dengan berbagai pilihan lounge di bandara internasional, mengubah ketidaknyamanan menjadi momen yang menyenangkan.

“Kami sangat antusias untuk menjadi pemimpin inovasi dalam pasar asuransi melalui pendekatan berbasis digital, menghadirkan produk-produk terdepan yang benar-benar dibutuhkan bagi pelanggan di Indonesia, dan memecahkan permasalahan yang sangat nyata. Kami melihat peluang besar untuk melayani Indonesia seiring dengan kembali normalnya permintaan perjalanan internasional.” kata Abhishek Bhatia, President Commissioner, Oona Indonesia.

Baca Juga  Jelang Galungan, Tedung Ini Diburu Pembeli di Desa Mengwi Tani

“Ini adalah saat yang menarik bagi Oona karena bepergian ke luar negeri kini menjadi salah satu pilihan gaya hidup yang populer bagi masyarakat Indonesia. Wisatawan Indonesia pada umumnya juga merupakan konsumen yang sudah sangat terhubung secara digital, melalui produk ini, kami bertujuan untuk meringankan permasalahan keterlambatan perjalanan internasional yang mungkin dihadapi konsumen saat mereka bepergian ke luar negeri untuk berlibur atau perjalanan bisnis. Penawaran produk yang sangat terjangkau, menjadikannya pilihan yang terbaik di industri. Kami juga membuat menunggu di lounge sebagai bagian yang berkesan dari perjalanan.” ujar Julien Pierre Combaret, Commercial and Operations Director, Oona Indonesia.

Pasar asuransi Indonesia cukup menjanjikan karena data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menunjukkan premi asuransi umum tumbuh 16,4 persen year-on-year menjadi Rp 26,1 miliar pada kuartal pertama tahun 2023. Sementara itu, data internal Oona Indonesia menunjukkan bahwa preminya secara konsisten tumbuh sekitar 20 persen lebih tinggi dibandingkan rata-rata industri pada periode yang sama.

Baca Juga  Disperinaker dan Dekranasda Badung Lakukan Studi Tiru ke Kota Makassar untuk Pengembangan Industri Lokal

“Pasar agen perjalanan online yang terus meningkat, layanan keuangan yang berkembang, dan konsumen yang semakin terampil secara digital di Indonesia merupakan pemicu bagi Oona untuk menawarkan solusi yang benar-benar inovatif. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan tidak hanya lini bisnis ini, tetapi juga semua produk kami yang akan datang, sehingga kami dapat melayani lebih banyak pelanggan di negara ini.” Bhatia menambahkan.

Peluncuran Oona di Indonesia merupakan bagian dari strategi ekspansi grup di Asia Tenggara seiring dengan upaya mereka untuk tumbuh lebih dalam di wilayah Indonesia dan Filipina. Aset-aset ini memberikan Oona portofolio produk awal, hubungan distribusi yang kuat, infrastruktur yang solid, dan pijakan langsung di wilayah tersebut untuk membangun bisnisnya. (*/gb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments