Senin, Juli 15, 2024
BerandaNewsPasar Sudha Merta Sidakarya Masuk Peringkat 5 Besar Lomba Pasar Aman Tingkat...

Pasar Sudha Merta Sidakarya Masuk Peringkat 5 Besar Lomba Pasar Aman Tingkat Nasional

 

GATRABALI.COM, DENPASAR – Pasar Sudha Merta, Desa Sidakarya masuk dalam peringkat 5 besar kluster Regional Tengah, pada ajang Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas tingkat nasional Tahun 2023, yang digelar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Tim Juri yang diketuai Rizan Febriana, pada Selasa 14 Maret 2023 melakukan verifikasi lapangan guna meninjau langsung situasi dan kondisi pasar Sudha Merta.

Hadir mendampingi saat verifikasi lapangan itu, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari.

Turut pula mendampingi, Koordinator Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Balai POM Denpasar, Ni Putu Ekayani Scorpiasanty. 

Baca Juga  Selama 14 Hari, Jalur Denpasar-Gilumanuk Terjadi 4 Kecelakaan Maut dengan 3 Korban Jiwa

Kepala Disperindag Kota Denpasar, Sri Utari yang mewakili Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, mengatakan, Pemkot Denpasar sejauh ini memiliki komitmen kuat dalam menyediakan komoditas pangan aman dan sehat bagi masyarakat. 

"Saat ini kami di jajaran Pemkot Denpasar memiliki konsentrasi tentang bagaimana agar kondisi ketersediaan dan keamanan pangan di pasar rakyat tetap bisa diberikan kepada masyarakat. Sehingga, nantinya, pasar rakyat akan tetap dicintai dan menjadi tujuan berbelanja masyarakat di tengah persaingan dengan pasar modern," katanya. 

Menurut Sri Utari, Pasar Sudha Merta merupakan salah satu pasar rakyat berbasis kearifan lokal yang dimiliki oleh Pemkot Denpasar.

Didirikan sejak tahun 1998, Pemkot Denpasar terus mendorong Pasar Sudha Merta memiliki kualitas dan standar pasar pangan aman dan sehat melalui pemberdayaan komunitas paguyuban pedagang. 

Baca Juga  Pemkot Denpasar Melalui Kesbangpol Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi STT se- Kota Denpasar

"Sebagai perwakilan dari Provinsi Bali dalam perlombaan tingkat nasional ini, kami berharap Pasar Sudha Merta bisa menjadi yang terbaik. Pemkot Denpasar akan terus mendukung untuk hal ini," lanjutnya. 

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara menyampaikan, dalam penyelenggaraan pasar pangan aman dan sehat, segala komponen di kalangan masyarakat memiliki peran tidak terkecuali para anggota TP PKK.

Sebagai sebuah gerakan masif dan langsung menyentuh masyarakat, keterlibatan para anggota TP PKK dinilai penting. 

"Penyediaan pangan aman dan sehat adalah penjabaran program pokok PKK. Untuk itu, di sini para anggota kami juga mengambil peran untuk turut serta mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat agar tidak ragu berbelanja pasar rakyat yang memiliki kualitas pangan aman dan sehat," kata Ny. Antari Jaya Negara. 

Baca Juga  Gelar Apel Pencegahan Kebakaran dan Penyiraman di TPA Bengkala sebagai Respons Siaga Darurat Bencana di Buleleng

Di sisi lain, Ketua Tim Verifikasi, Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas ini, Rizan Febriana, mengatakan lomba ini sebagai langkah yang diambil Badan POM RI guna memutus penyebaran bahan berbahaya yang beredar di pasar.

Terkait penilaian, Rizan menuturkan terdapat beberapa komponen dalam prosesnya.

Antara lain, dukungan pemerintah daerah, penerapan protokol kesehatan di lokasi pasar, inovasi keamanan pangan serta peran serta komunitas. 

"Untuk lomba Pasar Pangan Aman dan Sehat tingkat nasional ini, digelar dalam beberapa tahapan penilaian. Lomba ini sendiri digelar dengan harapan agar pasar tradisional sebagai garda terdepan manajemen keamanan pangan, mampu mengendalikan risiko keamanan pangan secara mandiri, tentunya dengan pengawalan Badan POM sebagai regulator dan verifikator," tutupnya. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments