Minggu, Juni 16, 2024
BerandaNewsPeringatan Bulan Bung Karno di Denpasar, Walikota Jaya Negara Buka Parade Baleganjur...

Peringatan Bulan Bung Karno di Denpasar, Walikota Jaya Negara Buka Parade Baleganjur Remaja

GATRABALI.COMDENPASAR – Serangkaian peringatan Bulan Bung Karno Tahun 2023, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan menggelar Lomba Baleganjur Tingkat Remaja se-Kota Denpasar. Parade ini dibuka langsung Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara ditandai dengan pemukulan kendang, Kamis 1 Juni 2023 di panggung terbuka Lapangan Puputan Badung Gusti Ngurah Made Agung.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Ketua MDA Kota Denpasar, AA. Ketut Sudiana, Ketua PHDI Kota Denpasar Made Arka, Pimpinan OPD dan unsur terkait lainya.

Walikota Jaya Negara berharap, pelaksanaan kegiatan ini dapat mengembangkan kreativitas dan aktivitas seni kreatif inovatif di kalangan generasi muda, sebagai penerus atau pewaris seni budaya yang tumbuh dan berkembang di jaman globalisasi.

Baca Juga  Pameran IKM Bali Bangkit Agar Menjadi Kebangkitan Tenun dan Endek Lokal

Kegiatan parade baleganjur remaja tahun ini juga  dikaitkan dengan perayaan hari lahir Pancasila yang merupakan implementasi dari salah satu "Tri Sakti Bung Karno" yaitu Berkepribadian dalam kebudayaan keragaman seni ,budaya, adat istiadat serta kearifan lokal lainnya merupakan modal utama untuk membangun bangsa yang kokoh.

"Kegiatan Parade Baleganjur Sekaa Remaja ini bertujuan sebagai ajang pembinaan dan pelestarian kesenian tradisional dalam rangka mewujudkan Kota Kreatif menuju Denpasar Maju, serta ajang ini juga  menjadi sarana evaluasi dari semua pembinaan sekaa Baleganjur yang ada di Kota Denpasar," kata Jaya Negara.

Baca Juga  224 Pencari Kerja Ikuti Pelatihan Kerja

Sementara Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan, Parade ini dilaksanakan selama 2 hari dari Tanggal 1 s/d 2 juni 2023, yang bertempat di panggung terbuka areal lapangan puputan I Gusti Ngurah Made Agung, yang diawali acara pembukaannya dengan prosesi seni inagurasi, yang berjudul "Jayaning Garuda" oleh sekaa gong Panca Sanak Denpasar.

Jumlah sekaa peserta parade tahun 2023 ini diikuti oleh 15 sekaa dan masing-masing sekaa berjumlah sebanyak 30 orang terdiri atas, sebanyak 21 orang penabuh, 8 orang juru tegen dan 1 orang pembawa papan nama sekaa. Yang di bagi menjadi dua grup penampilan, dimana hari pertama 8 sekaa dan hari kedua 7 sekaa sebunan.

Adapun beberapa unsur menjadi dasar pengamatan meliputi pada kegiatan tahun ini. Yakni Teknik (gegedig dan tetekep), Ide dan Gagasan, Struktur meliputi komposisi (pangawit, pangawak, pangecet), Kreativitas (pengembangan musikalitas dan originalitas garapan) serta Penampilan (ekspresi, gerak dan tabuh).

Lebih lanjut di katakan, disamping sebagai ajang pelestarian dan pengembangan, parade baleganjur remaja tahun ini juga sebagai ajang seleksi untuk menyiapkan duta Kota Denpasar pada pelaksanaan lomba baleganjur Pesta Kesenian Bali ke -46 tahun mendatang. Selain juga menjadikan ajang ini sebagai wadah untuk pengembangan seni musik tradisional baleganjur yang semakin inovatif dan aktraktif yang sangat disukai oleh para generasi muda (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments