Senin, Juli 22, 2024
BerandaBaliPuluhan Juta Rupiah Raib Akibat Pencurian Seperangkat Daun Gamelan Gong

Puluhan Juta Rupiah Raib Akibat Pencurian Seperangkat Daun Gamelan Gong

GATRABALI.COM, JEMBRANA – Seperangkat daun gamelan gong senilai puluhan juta rupiah raib dicuri oleh maling. Kejadian ini terjadi di gudang koperasi kelompok seni musik Suka Duka Sidhi Kencana Merta, yang terletak di Desa Asahduren, Kecamatan Pekutatan, pada Selasa, 18 Juli 2023.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pencurian ini dilaporkan hilang pada hari Selasa, tanggal 18 Juli 2023, sekitar pukul 11.30 WITA.

“Tempat kejadian perkara berada di gudang koperasi serba usaha Sidhi Kencana Merta, di Banjar Lebih, Desa Asahduren, Pekutatan,” ujar Kapolsek Pekutatan, Kompol I Wayan Swastika, dalam keterangan tertulisnya pada Rabu, 19 Juli 2023.

Baca Juga  MFS Pencuri Sepeda Motor Berhasil Dibekuk Polisi

Seperangkat daun gamelan gong yang hilang terdiri dari 1 buah bende, 2 buah gong, 1 buah tawe-tawe, 10 buah reong, 1 pasang kecek, 10 buah daun calung, 10 buah daun jegog, 40 buah daun kantil, 40 buah penyahcah, dan 10 buah daun patus.

Menurut Kompol Swastika, kejadian pertama kali diketahui oleh seorang warga setempat bernama I Komang Gede Merta, yang menemukan peti berisi daun gamelan gong tersebut hilang saat hendak mengambil alat-alat tenda dari gudang pada hari Senin, 17 Juli 2023 lalu.

Baca Juga  Periode Arus Mudik, Pertamina Mencatat Konsumsi BBM Pertamax dan Dex Series Naik

“Namun sebelumnya, warga lain menginformasikan bahwa sekitar tanggal 7 Juli 2023 lalu, mereka masih melihat peti berisi daun gamelan gong yang terbuat dari kayu tersebut masih berada dalam gudang koperasi,” ungkapnya.

Terungkap bahwa daun gamelan gong tersebut disimpan dalam peti karena kelompok penabuh gamelan sudah tidak aktif dan gong tidak digunakan sejak tahun 2019 lalu. Kerugian atas kejadian ini diperkirakan mencapai Rp 50 juta, yang dialami oleh kelompok Suka Duka Sidhi Kencana Merta. Anggota kelompok menduga ada pihak yang membocorkan lokasi kunci pintu sehingga pelaku dapat dengan mudah masuk.

Baca Juga  11 Tersangka Penyalahgunaan Narkotika Ditangkap Polisi di Tabanan

“Daun gong diletakkan dalam peti karena kelompoknya sudah tidak aktif lagi. Saat ini masih dalam penyelidikan,” ucapnya.

Mengenai kondisi Tempat Kejadian Perkara (TKP) setelah pencurian, mantan Kapolsek Pupuan ini menyebutkan bahwa hasil identifikasi petugas tidak menemukan adanya kerusakan pada pintu gudang. Saat ini, masyarakat setempat dan pihak berwajib terus melakukan penyelidikan, dengan harapan agar pelaku pencurian daun gamelan gong dapat segera ditemukan.(gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments