Selasa, Juli 16, 2024
BerandaBaliRSUD Kabupaten Buleleng Siap Meluncurkan Layanan Pemasangan Ring Jantung

RSUD Kabupaten Buleleng Siap Meluncurkan Layanan Pemasangan Ring Jantung

GATRABALI.COM, BULELENG  – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng memiliki rencana ambisius untuk memperkenalkan layanan baru yang akan sangat bermanfaat bagi para penderita penyakit jantung. 

Layanan inovatif ini, yaitu pemasangan ring jantung, diumumkan dengan penuh semangat oleh Direktur RSUD Buleleng, Dr. Putu Arya Nugraha, dalam sebuah acara talkshow kesehatan yang berlangsung dalam Buleleng Development Festival (BDF) 2023 pada hari Sabtu (20/8/2023).

Dalam penyampaiannya, Dr. Putu Arya Nugraha menganggap langkah ini sebagai tonggak penting dalam upaya memberikan perawatan yang lebih baik bagi mereka yang menderita penyakit jantung. Menurutnya, penyakit jantung memerlukan penanganan cepat dan tepat, dan layanan pemasangan ring jantung akan menjadi solusi yang sangat diharapkan bagi pasien di seluruh Kabupaten Buleleng. 

Baca Juga  Pj Gubernur Bali Terima Kunker Komisi VIII DPR RI

Saat ini, layanan serupa hanya tersedia di RSUP Dr. I.G.N.G Ngoerah, yang terletak di Denpasar.

“Kami berupaya agar para pasien serangan jantung tak perlu lagi melakukan perjalanan panjang dari Buleleng ke Denpasar, yang memakan waktu 3-4 jam. Dengan adanya layanan pemasangan ring jantung di RSUD Buleleng, para pasien bisa mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan dengan segera,” ujarnya.

Arya juga menjelaskan bahwa fasilitas untuk layanan pemasangan ring jantung sudah mencapai tahap akhir konstruksi, dengan kemajuan sekitar 65%. 

Anggaran yang diperlukan untuk peralatan medis tersebut telah dialokasikan pada tahun ini, sehingga diharapkan peralatan ini akan dapat dimanfaatkan sebelum pergantian tahun. Selain itu, tenaga medis berupa dokter spesialis yang mampu melaksanakan layanan ini juga telah disiapkan.

Baca Juga  Pj Lihadnyana Harapkan Kerjasama antara Singaraja - Australia Berikan Manfaat Bagi Pendidikan di Buleleng

“Kami telah menunjuk satu dokter spesialis khusus untuk layanan ini. Target kami adalah meluncurkan layanan ini paling lambat pada bulan Desember 2023,” tambah Arya.

Dalam konteks yang lebih luas, Arya menegaskan bahwa pentingnya layanan ini tak hanya terbatas pada penduduk Buleleng, tetapi juga akan bermanfaat bagi empat Kabupaten lain di wilayah Bali Utara, seperti Karangasem, Jembrana, Tabanan, dan Bangli. 

Kehadiran layanan pemasangan ring jantung di RSUD Buleleng diharapkan akan meningkatkan efektivitas dan keakuratan penanganan penyakit jantung bagi masyarakat di wilayah-wilayah tersebut.

Arya berpendapat bahwa langkah ini akan menjadikan RSUD Buleleng semakin siap dalam memberikan perawatan medis berkualitas tinggi bagi warga Kabupaten Buleleng dan sekitarnya. 

Baca Juga  Pj Gubernur Bali Hadiri Pisah Sambut Kepala Kejaksaan Tinggi Bali

Dengan komitmen untuk terus berinovasi, Arya berharap RSUD Buleleng dapat memberikan peningkatan pelayanan yang signifikan dalam penanganan penyakit jantung di wilayah Buleleng dan sekitarnya.

Acara talkshow kesehatan yang digelar dalam Buleleng Development Festival (BDF) 2023 ini turut dihadiri oleh sejumlah narasumber terkemuka di bidangnya, termasuk Kepala Dinsos Buleleng I Putu Kariaman, Kepala BPJS Cabang Singaraja Endang Triana Simanjuntak, Kepala Disdukcapil Buleleng Made Juartawan, serta Kepala Bidang di Dinkes Buleleng, Gede Suratanaya dan Putu Agus Hartawan. Acara tersebut dipandu oleh Sekretaris Disdikpora Buleleng. (adv/gb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments