Minggu, Juni 16, 2024
BerandaNewsSekda Alit WIradana Pimpin Rapat, Harapkan Seluruh OPD Dapat Berkomitmen dalam Hal...

Sekda Alit WIradana Pimpin Rapat, Harapkan Seluruh OPD Dapat Berkomitmen dalam Hal Manajemen Kearsipan

 

UPDATEBALI.com, DENPASAR – Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Bali, Ida Bagus Alit Wiradana, memimpin Rapat Akselerasi Nilai Manajemen Kearsipan di Kota Denpasar, bersama sejumlah pimpinan OPD Kota Denpasar, pada Senin 3 April 2023.

Dalam kesempatan itu, Alit Wiradana mengatakan indeks kearsipan merupakan salah satu instrumen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik. 

"Sesuai arahan Bapak Wali Kota Denpasar mengenai tata kelola kearsipan, kita harapkan seluruh OPD dapat berkomitmen dalam hal manajemen kearsipan, karena hal itu merupakan salah satu instrumen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan," kata Alit Wiradana.

Baca Juga  Keren! Pelajar SMPN 2 Kubutambahan Rancang Gamelan Digital dan DDBot di Bali Digifest II 2023

Manajemen kearsipan yang  baik, tegas Alit Wiradana akan mencerminkan kualitas dan kompetensi dari setiap instansi atau organisasi perangkat daerah (OPD).

Komitmen untuk menjalankannya diperlukan oleh setiap elemen di lingkungan Pemkot Denpasar. 

"Oleh karena itu, saya harap semua instansi di lingkungan Kota Denpasar menata dan mengelola kearsipan dengan baik. Karena kearsipan yang baik, akan menjadi cerminan dari kualitas OPD itu sendiri," tambahnya. 

Baca Juga  Empat Fraksi DPRD Buleleng Sampaikan Pandangan Terhadap Dua Ranperda

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Denpasar, I Dewa Nyoman Sudarsana mengatakan, dalam hal ini pihaknya akan siap memfasilitasi dalam proses peningkatan manajemen kearsipan. 

"Kami di DPK siap menjadi fasilitator dan menjalin kemitraan dengan semua OPD di lingkungan Pemkot Denpasar. Hal ini ditujukan agar kegiatan manajemen kearsipan dapat berlangsung baik dan lancar," jelas Dewa Nyoman Sudarsana.

Terdapat dua hal yang menjadi fokus utama ke depannya, yakni urgensi terkait pembentukan petugas kearsipan dan percepatan bimbingan teknis/diklat sebagai media pembekalan ilmu untuk menunjang kinerja petugas tersebut.

Baca Juga  Bakti Sosial Pemkab Buleleng di HUT ke-420 Kota Singaraja

Terkait dengan hal tersebut, dalam waktu dekat, menurut Dewa Nyoman Sudarsana, akan digelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para SDM yang memiliki tanggung jawab terkait kearsipan di masing masing OPD.

"Kita akan selenggarakan Bimtek ini, dimana selain berisikan materi dan edukasi soal kearsipan, kita juga akan memberikan pelatihan teknis bagaimana manajemen kearsipan itu sendiri," tutup Dewa Nyoman Sudarsana. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments