Sabtu, April 13, 2024
BerandaNewsHebat! Produk Kerajinan Pis Bolong UD Kamasan Terpilih jadi Souvenir G20

Hebat! Produk Kerajinan Pis Bolong UD Kamasan Terpilih jadi Souvenir G20

 

GATRABALI.COM, KLUNGKUNG – Ternyata KLungkung juga basis daerah seni berbagai kerajinan yang bermutu tinggi. Siapa sangka Kerajinan pis bolong /uang kepeng UD Kamasan Bali yang terletak di Banjar Jelantik Kuribatu Desa Tojan ,KLungkung . Usaha Pis bolong UD Kamasan ini dipilih menjadi suovenir G20 untuk kepala negara delegasi G20. Ada dua yang dipilih sebagai sovenir, yakni yang berbentuk lumbung dan jukung.

Pemilik UD. Kamasan Bali,  I Made Sukma Swacita ditemui wartawan baru baru ini, menceritakan sudah sejak lama produk kerajinanya berstandar internasional (ISO), industri kerajinan uang kepeng yang bangun sejak tahun 2014 lalu sudah beberapa kali mendapat penghargaan dari presiden.

Baca Juga  Diduga Alami Sakit Kronis, Seorang Lansia Ditemukan Tergeletak di Pasar Seririt

 

"Mungkin dari sana Kementerian Sekretariat Negara menilai produk kami dianggap layak untuk dijadikan souvenir untuk kepala negara delegasi G20. Lalu Presiden Jokowi langsung memberikan penilaian, dipilih lah lumbung dan jukung dari uang kepeng ini untuk souvenir bagi kepala negara di delegasi G20," ujar Sukma Swacita.

Berdasarkan informasi yang ia dapat, tidak semua pimpinan negara delegasi G20 yang mendapatkan souvenir  kerajinan dari uang kepeng ini. Presiden Jokowi langsung memberikan penilaian khusus, kepala negara mana saja yang cocok diberikan souvenir kerajinan uang kepeng berbentuk lumbung, ataupun berbentuk jukung.

Baca Juga  Kantor SAR Denpasar Tetap Optimalkan Pelayanan Meskipun Jelang Penutupan Siaga SAR Nataru

"Nanti untuk kepala negara yang mana, itu keputusan presiden. Kami pada intinya diminta menyelesaikan 6 kerajinan uang kepeng berbentuk lumbung padi, dan 4 kerajinan uang kepeng berbentuk jukung," ujar Suacita.

Suacita  mengatakan, uang kepeng yang digunakan untuk souvenir delegasi G20 itu merupakan kualitas premium atau berbahan panca datu (emas, perak, tembaga, besi, dan campuran). Lumbung dan jukung dari uang kepeng tersebut juga bukan semata-mata dibuat khusus untuk helatan G20 ini.

Baca Juga  Bupati Giri Prasta Hadiri Puncak HUT ST. Hita Karana Ke-39

Selain itu, Kementerian Pariwisata memastikan Proses penyiapan souvenir ini sudah berjalan sejak 3 bulan lalu,dan saat ini juga memesan puluhan kerajinan uang kepeng berbentuk patung penari legong untuk souvenir delegasi KTT G20. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments