Sabtu, April 13, 2024
BerandaNewsKapal Penumpang Rute Ketapang-Lembar Terbakar di Perairan Bali, Ratusan POB Dievakuasi 

Kapal Penumpang Rute Ketapang-Lembar Terbakar di Perairan Bali, Ratusan POB Dievakuasi 

 

GATRABALI.COM, KARANGASEM – Kapal Mesin Penumpang (KMP) Mutiara Timur I terbakar di Perairan Bali, Rabu (16/11/2022) sore. Kapal dengan rute Ketapang – Lembar tersebut diperkirakan mengalami kebakaran sekitar pukul 15.00 Wita. Ratusan POB (Person On Board) langsung dievakuasi tim SAR gabungan.

Dari Informasi yang dihimpun UpdateBali, kapal terbakar berada pada titik koordimat 08°20'298"S – 115° 41'641"E atau sekitar 0,9 NM dari daratan. Kapal yang mengangkut ratusan penumpang tersebut langsung dilakukan evakuasi oleh tim SAR gabungan. 

Baca Juga  LPG 3 KG Langka, Polda Bali Himbau Masyarakat Tidak Panik

"Terakhir kami komunikasi dengan kapten kapal terkonfirmasi jumlah penumpang dan ABK yang semula 271 orang, ternyata menjadi 258 orang, dimana ABK berjumlah 24 dan sisanya 234  orang penumpang," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Bali, Gede Darmada dalam keterangan tertulis, Rabu sore (16/11/2022).

Darmada menjelaskan, setelah menerima menerima informasi dari VTS Beno pada pukul 15.30 Wita, pihaknya  langsung mengerahkan 1 unit RIB (Rigit Inflatable Boat) dari Pos SAR Karangasem dan 1 unit RIB dari Unit Siaga SAR dari Nusa Penida, KN SAR Arjuna 229.

Baca Juga  Akibat Hujan Deras, Ranting Pohon Kayu Putih Timpa Pura di Desa Tua Marga

"Di tempat kejadian kapal terbakar, kebetulan unsur SAR terdekat ada Kapal Angkatan Laut Kadet 6 dan Kapal Angkatan Laut Kadet 7, dan segera melaksanakan evakuasi," jelasnya.

Kemudian penumpang kapal yang sudah terevakuasi dengan RIB ataupun jukung nelayan dibawa ke kapal angkatan laut, selanjutnya dibawa ke dermaga Angkatan Laut Tanjung Wangi di Banyuwangi Jawa Timur. 

Baca Juga  Mengurangi kasus Rabies Kadis Sucipto Harapkan Kesadaran Masyarakat Melakukan VAR Jika Terkena Kasus GHPR

"Tim SAR gabungan fokus pada upaya evakuasi POB, untuk kronologis kejadian dapat dikonfirmasi kepada pihak terkait," imbuhnya.

Untuk diketahui, Tim SAR gabungan yang terlibat, yakni ABK KAL KADET – 6, ABK KAL KADET – 7, Basarnas Bali, ABK KN Marore – 322, Polair Polres Karangasem, BPBD Kabupaten Karangasem, Stasiun Bakamla Bali, RAPALA Karangasem, Balawista Karangasem serta nelayan setempat. (gatra)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments