Selasa, Juli 16, 2024
BerandaNewsPj Ketut Lihadnyana Serahkan Dokumen Kependudukan NYAKSI

Pj Ketut Lihadnyana Serahkan Dokumen Kependudukan NYAKSI

 

GATRABALI.COM, BULELENG – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyerahkan secara langsung dokumen kependudukan NYAKSI (Menyerahkan Akta Kawin Saat Acara Pernikahan) berupa Akta Perkawinan, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada pasangan suam-istri Gede Dede Suarta Yasa & Anak Agung Ayu Intan Murti Ningrum. Penyerahan dokumen kependudukan itu dilakukan bertepatan pada acara resepsi pernikahan di Jalan Jenderal Sudirman kelurahan Banyuasri kecamatan Buleleng, Kamis 22 Juni 2023.

Lihadnyana mengatakan sebagai aparatur sipil negara sudah seharusnya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Layanan administrasi kependudukan (adminduk) salah satunya. Optimalisasi pelayanan adminduk ini didukung juga dengan digitalisasi yang sedang gencar diaplikasikan pada tata kelola pemerintahan.

“Ini kan memudahkan akses masyarakat utamanya dalam tertib admninistrasi kependudukan. Jadi masyarakat mengurus dokumen kependudukannya dengan fleksibel, efisien, dan murah,” ungkapnya.

Baca Juga  PJ Bupati Buleleng Dukung Undiksha Selenggarakan Lomba Inovasi Berskala Internasional

Sementara itu peluncuran inovasi layanan NYAKSI juga dibarengi dua layanan lainnya yaitu BALITA (Bayi Lahir BerAkta) dan AKSAMA (Akta Kematian Diserahkan Saat Masih Berduka), Jumat 23 Kuni 2023. Ketiga inovasi layanan ini sudah ada pada aplikasi kependudukan AKU Online. Yang dapat diakses melalui laman http://akuonline.bulelengkab.go.id/ atau mengunduh aplikasi di playstore.

Usai peluncuran Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Made Juartawan mengatakan inovasi ini dibuat untuk mempermudah masyarakat mengakses permohonan layanan adminduk. Khusus layanan BALITA dihari yang sama dilakukan penandatangan kerjasama antara pemerintah daerah dengan rumah sakit dan bidan.

“Dokumen kependudukan dari layanan NYAKSI dan AKSAMA ini saat ini masih diserahkan secara langsung oleh Dukcapil, kedepan diharapkan kepala desa aktif untuk memfasilitasi masyarakat pun menyerahkan hasil pengurusan administrasi kependudukan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga  Mudik Lebaran, Wali Kota Jaya Negara Lepas Keberangkatan 450 Warga Kota Denpasar

Untuk menerbitkan dokumen kependudukan BALITA, NYAKSI, maupun AKSAMA ini Kadis Juartawan mengaku membutuhkan waktu paling lama 3 jam sejak diurus. Tentunya dengan berkas yang sudah lengkap.

“Mudah-mudahan ini bisa menjawab permasalahan adminduk yang berbelit-belit dan terkesan ada biaya,” terang Juartawan.

Juartawan menambahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  juga menyerahkan mesin cetak khusus kartu untuk sembilan kantor kecamatan. Terkait pengembangan aplikasi AKU Online, Pemkab Buleleng juga melakukan penandatangan kesepakatan dengan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali. Aplikasi AKU online juga akan disesuaikan dengan aplikasi yang ada di pemerintahan desa sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor.

“Sekarang perbekel sudah menggunakan tandatangan elektronik, jadi kalau membutuhkan surat keterangan dari kepala desa bisa diurus secara online dan langsung masuk ke sistem AKU Online. Masyarakat kita kurangi untuk berkunjung ke kantor desa juga disdukcapil,” imbuhnya.

Baca Juga  Harga Pangan yang Melonjak, DKPP Buleleng Gelar Gerakan Pangan Murah (GPM)

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng mengucapkan terimakasih atas inovasi layanan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Ini sangat penting dilakukan karena adminduk merupakan layanan dasar kependudukan dan menjaga legalitas status kependudukan. Berdampak multidimensi terhadap kehidupan sehingga perlu kehati-hatian dalam menerbitkan dokumen kependudukan.

“Saya berharap ini bisa diikuti dengan baik, seluruh adminduk kita bisa dikeluarkan. Makin kuat para camat yang menjalankan ini di bawah makin sedikit yang ke kantor dukcapil makin sedikit biaya operasional penduduk untuk mengurus administrasi kependudukan,” tutupnya.(gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments