Sabtu, April 13, 2024
BerandaBaliPolres Buleleng Menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Menjelang Pemilu 2024

Polres Buleleng Menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Menjelang Pemilu 2024

GATRABALI.com, BULELENGPolres Buleleng telah menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) pada Rabu, 4 Oktober 2023, di lapangan Bhuana Patra, Singaraja. Simulasi ini merupakan langkah konkret dalam memastikan kesiapan pengamanan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 630 personel aparat kepolisian.

Kapolres Buleleng, AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 1 tahun 2009 terkait dengan penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian. Tujuan utama dari simulasi ini adalah untuk mengantisipasi segala peristiwa yang mungkin terjadi selama tahapan Pemilu 2024.

Baca Juga  Pasar Tumpah Hanya Digelar Setiap Hari Raya Galungan di Desa Munggu

“Intinya bagaimana kita dalam merayakan pesta demokrasi yang penuh keceriaan dan kedamaian ini, supaya bisa bahu-membahu menjaga kondusifitas di Kabupaten Buleleng,” ujar Kapolres Buleleng, AKBP Dhanuardana.

Lebih lanjut, AKBP Dhanuardana menekankan bahwa pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya lain untuk menyukseskan Pemilu 2024, seperti patroli menggunakan sepeda motor, sepeda, jalan kaki, dan Bhabinkamtibmas yang melakukan penggalangan dengan tokoh-tokoh masyarakat.

Baca Juga  Disnaker ESDM Provinsi Bali Ajak Komunitas Bersihkan Pantai Mertasari dalam Rangka Bulan K3 2024

“Kegiatan ini ditujukan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi atau terhasut oleh oknum-oknum yang berusaha menggagalkan Pemilu 2024 ini,” tambah AKP Dhanuardana.

AKBP Dhanuardana juga menambahkan bahwa berkat upaya-upaya tersebut, hingga saat ini belum ada potensi daerah rawan konflik yang ditemukan. Oleh karena itu, pihaknya berharap bahwa ke depannya tidak akan ada wilayah yang masuk dalam daftar daerah rawan konflik.

Baca Juga  Pria Remaja di Buleleng Didakwa atas Kasus Persetubuhan dan Usaha Aborsi Paksa

Dalam kegiatan simulasi ini, turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, S.H., Pejabat Forkopimda Buleleng, Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Ketua Bawaslu, Dandim 1609 Buleleng, Kejaksaan Negeri Singaraja, para PJU Polres Buleleng, dan Para Kapolsek Jajaran Polres Buleleng. Semua pihak berkomitmen untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu 2024 di Kabupaten Buleleng. (gb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments