Senin, Juli 22, 2024
BerandaBaliRaihan Jawara Nasional Bukan Akhir, Ketut Cana Berkomitmen Ciptakan Nilai Tambah dari...

Raihan Jawara Nasional Bukan Akhir, Ketut Cana Berkomitmen Ciptakan Nilai Tambah dari Sampah Plastik

GATRABALI.com, BULELENG Ketut Cana, seorang pemuda berbakat asal Sinabun, baru-baru ini meraih prestasi gemilang dalam Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan menciptakan alat pencetak 3D filamen dari limbah botol plastik. Prestasi ini membuatnya dinobatkan sebagai jawara tingkat Nasional. Namun, bagi Cana, prestasi ini hanyalah awal dari perjalanan panjangnya dalam memberikan nilai tambah bagi dirinya sendiri dan masyarakat.

Meskipun mesin pencari Google penuh dengan berita membanggakan tentang prestasinya, Cana dengan rendah hati menyatakan bahwa ini bukanlah akhir dari perjalanan karyanya. Bagi pemuda yang peduli terhadap lingkungan ini, masih banyak tujuan dan harapan yang lebih tinggi yang harus dicapai.

Baca Juga  DLH dan Dinas PUTR Kabupaten Buleleng Bersatu Lawan Sampah Plastik

“Jawara kemarin Saya rasa belum menjadi puncak tujuan, ini masih awal untuk ke depannya membuka peluang dan menjadi nilai tambah bagi lapisan masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Saat ini, Ketut Cana tengah aktif melakukan pengujian berbagai ide kreatif terkait TTG yang melibatkan tidak hanya sampah anorganik, tetapi juga sampah organik. Dia yakin bahwa inovasinya dapat mendorong generasi muda dan masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam upaya mengurangi sampah plastik.

Baca Juga  Bangun Masa Depan Berkelanjutan, BKKBN RI Luncurkan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di Bali

“Ke depannya tidak hanya lewat 3D filamen saja, Saya berencana menciptakan karya lainnya yang bersumber dari sampah, tentunya menarik dan mengikuti perkembangan pasar. Saya masih terus belajar, intinya Saya ingin karya Saya bisa memberdayakan masyarakat,” harap Ketut Cana.

Selain itu, Cana juga berharap mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah dan sektor swasta. Dengan dukungan ini, ia yakin tujuannya dalam menciptakan teknologi tepat guna yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dapat tercapai.

Baca Juga  Sekretaris Daerah Buleleng Mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

Rencana masa depan Ketut Cana tidak hanya berhenti pada prestasi yang sudah diraih, tetapi juga pada perubahan positif yang dapat ia bawa bagi lingkungan dan masyarakat. Semangatnya yang tak kenal lelah dan komitmennya untuk mengurangi sampah plastik melalui inovasi teknologi tepat guna menjadikan Cana sebagai contoh inspiratif bagi generasi muda Indonesia. Semoga langkahnya akan membawa Indonesia ke arah yang lebih berkelanjutan. (adv/gb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments