Senin, Juli 15, 2024
BerandaNewsAntari Jaya Negara Sebut Pasar Rakyat TP PKK 'Berbelanja dan Berbagi' Wujud...

Antari Jaya Negara Sebut Pasar Rakyat TP PKK ‘Berbelanja dan Berbagi’ Wujud Kepedulian Kepada Masyarakat

 

GATRABALI.COM, DENPASAR – Mengusung tema kegiatan "Berbelanja dan Berbagi”, Pasar Rakyat TP PKK Provinsi Bali bersinergi dengan TP PKK Kabupaten Jembrana, digelar pada Jumat 26 Mei 2023. Hadir dalam kesempatan itu Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara beserta para Ketua TP PKK Kabupaten se Bali lainnya. 

Sama seperti Pasar Rakyat TP PKK sebelumnya, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan paket kepada 100 orang warga Kabupaten Jembrana, yang berasal dari dua kecamatan. Yakni, Kecamatan Jembrana dan Kecamatan Negara. 

Di sela-sela kegiatan yang diadakan di Wantilan Pura Jagatnatha Negara, Kabupaten Jembrana tersebut, Ny. Antari Jaya Negara, mengemukakan pasar rakyat yang digelar selama ini merupakan suatu wujud kepedulian, gotong royong Tim Penggerak PKK kepada masyarakat. 

Baca Juga  Hujan Deras Akibatkan Pohon Tumbang di Kediri Tabanan

"Ini adalah bentuk kepedulian dan gotong royong, dari kita untuk masyarakat kita. Hal ini juga upaya untuk membudayakan prinsip berbelanja dan berbagi, terutama bagi warga yang membutuhkan," urai Ny. Antari Jaya Negara. 

Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana, Ny. Candrawati Tamba menyebutkan, setidaknya terdapat 55 stand pedagang yang merupakan IKM/UMKM dan pengrajin Kabupaten Jembrana terlibat dalam kegiatan ini. 

Aneka ragam produk hasil pertanian, perikanan, dan kelautan, seperti daging, ikan, telur, beras, sayur mayur, bumbu dan buah-buahan dijual disini.  

Selain itu, beberapa produk hasil Hatinya PKK, UP2K PKK serta hasil kerajinan masyarakat dan beberapa produk khas lainnya juga dijajakan di sini. 

Baca Juga  Ini Langkah Polda Bali, Jelang Pemilu 2024

"Kami ucapkan terimakasih kepada Ibu Putri Koster yang telah mempelopori pelaksanaan Pasar Rakyat ini. Kita tentu harapkan, manfaat kegiatan ini akan dapat  dirasakan langsung oleh masyarakat," ungkap Ny. Candrawati Tamba. 

Sementara itu, dalam arahannya Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, mengatakan setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi Bali, semuanya memfokuskan pada pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. 

"Pasar Rakyat ini kita inisiasi sejak masa pandemi Covid 19, dan hingga saat ini  pelaksanaanya terus dilakukan secara  bergilir di seluruh Kabupaten / kota se Bali. Aksi sosial ini, juga merupakan salah satu  bentuk wujud sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kabupaten /Kota se-Bali. Untuk itu, saya harapkan koordinasi dan sinergitas tetap dilaksanakan dalam setiap kegiatan TP PKK," ujar Ny. Putri Koster.

Baca Juga  Tingkatkan Pemahaman Keterbukaan Informasi Publik, Dinas Kominfos Kota Denpasar Gelar Workshop

Pada kesempatan ini, Ny. Putri Koster juga menegaskan agar masyarakat Bali untuk terus berpartisipasi aktif ikut menjaga kekayaan warisan budaya leluhur. 

"Ini salah satu tugas dari para Ketua TP PKK agar terus menggerakan masyarakat, agar berpartisipasi aktif dalam menjaga Bali, baik alam maupun warisan budayanya," ajak Ny. Putri Koster. 

Salah satu upaya menjaga kekayaan warisan budaya Bali, adalah dengan membiasakan penggunaan  kain tradisional endek Bali dan kerajinan lainnya. Ini juga bisa dijadikan sebagai langkah membantu perekonomian pada sektor pengrajin. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments