Rabu, Februari 21, 2024
BerandaNewsCegah DBD, Puskesmas IV Denpasar Selatan Lakukan Penyebaran Bubuk Abate

Cegah DBD, Puskesmas IV Denpasar Selatan Lakukan Penyebaran Bubuk Abate

 

GATRABALI.COM, DENPASAR – Dalam upaya menurunkan terjadinya angka kasus demam berdarah, Puskesmas IV Denpasar Selatan tetap siaga dengan membagikan bubuk abate untuk membasmi jentik nyamuk guna mengantisipasi terjadinya penyebaran penyakit demam berdarah di wilayah Denpasar Selatan pada hari Rabu 1 Januari 2023.

Kepala Puskesmas IV Denpasar Selatan Dokter Made Saraswati Rahayu mengungkapkan, kegiatan pemantauan jentik merupakan salah satu langkah untuk mencegah terjadinya wabah penyakit dan pemberantasan sarang nyamuk.

Baca Juga  Bupati Badung Hadiri Puncak HUT ST. Surya Chandra Ke-32 Banjar Kedewatan

“Kegiatan ini digerakkan oleh para jumantik yang ada di masing-masing banjar atau desa dan kelurahan dengan melibatkan jajaran kesehatan seperti dari Puskesmas, jumantik dan koordinator jumantik yang selalu bekerja sama dengan petugas Dinas Kesehatan serta pihak Kepala Lingkungan serta aparat desa,” ujar Dokter Made Saraswati. 

"Tindakan kami dalam menghadapi meningkatnya kasus DBD lebih meningkatkan edukasi kepada masyarakat mengenai DBD dengan melakukan 3M+, selain itu masyarakat juga dihimbau menjadi jumantik mandiri secara teratur dalam melaksanakan PSN,” katanya.

Baca Juga  Pj Bupati Lihadnyana Imbau Instansi Pemerintah dan Masyarakat Bantu Operasional PMI Buleleng

Menghadapi tingkat kasus penyakit demam berdarah, Puskesmas dan Dinas Kesehatan mengoptimalkan peran dari juru pemantau jentik atau jumantik agar lebih waspada untuk memantau tempat-tempat penampungan air yg berpotensi menjadi sarang nyamuk. 

Selain itu, pembagian abate diberikan di semua Banjar Kelurahan Pedungan. Kegiatan tabur abate dilakukan setelah hasi PE positif jentik dan ada genangan air seperti di daerah Br. Puseh, Br. Sama, Br. Menesa, Br. Pande. 

Baca Juga  Luar Biasa! Siswa SMK Rekayasa Denpasar Raih Juara 2 di Turnamen Karate Atmajaya Cup I

“Kegiatan foging sementara juga  dilakukan di wilayah Puskesmas IV Denpasar Selatan yaitu di Banjar Ambengan, karena dari hasil laporan terdapat kasus positif demam berdarah berjumlah 2 orang,” ujar Dokter Made Saraswati. 

"Kami menghimbau masing-masing lingkungan untuk selalu gotong royong melakukan kebersihan lingkungan,” tutupnya. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments