Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaBaliPilkel Serentak di Sebelas Desa, Dua Calon Perbekel Perempuan Raih Kemenangan

Pilkel Serentak di Sebelas Desa, Dua Calon Perbekel Perempuan Raih Kemenangan

GATRABALI.COMBULELENG – Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak yang berlangsung di 11 desa Kabupaten Buleleng menunjukkan hasil yang baik terhadap emansipasi perempuan. Dalam proses pilkel ini, 2 calon perbekel perempuan berhasil meraih kemenangan, mengukuhkan peran perempuan dalam pemerintahan desa.

Kedua perbekel perempuan yang terpilih adalah Anak Agung Sri Wathi dari Desa Tukadsumaga dan Ni Nyoman Sekarini dari Desa Pangkungparuk. Keduanya merupakan calon pendatang baru yang sukses menarik dukungan masyarakat desa mereka.

Baca Juga  Pj Gubernur Mahendra Jaya Cek Kesiapan Angkutan Nataru di Pelabuhan Gilimanuk

Menurut Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buleleng, Made Dwi Adnyana, Pilkel ini memunculkan hasil yang baik ditunjukkan oleh kedua calon perbekel perempuan yang merupakan pendatang baru ini. Bahkan, salah satunya berhasil mengalahkan petahana.

“Calon di Desa Pangkungparuk merupakan seorang kaur yang berhasil mengalahkan calon perbekel petahana,” ungkap Dwi Adnyana.

Baca Juga  6 Orang Tersangka Pencuri di Toko Modern Diamankan Polisi di Denpasar

Sebanyak 11 desa yang mengadakan pilkel serentak kali ini yaitu Desa Tukadsumaga, Musi, Banyupoh, Pangkungparuk, Sepangkelod, Sidetapa, Dencarik, Tukadmungga, Sangsit, Sembiran, dan Bondalem. Pemungutan suara mencatatkan 8 calon pendatang baru berhasil meraih posisi perbekel, sementara hanya 3 perbekel petahana yang berhasil mempertahankan jabatannya.

Dwi Adnyana menutup, Pilkel ini bukan hanya sebagai sebuah pesta demokrasi di tingkat desa, tetapi juga menjadi perwujudan semangat perubahan dan kesetaraan gender dengan terpilihnya dua perbekel perempuan.

Baca Juga  Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Tamba Serahkan Bantuan Bagi KUBE dan Kelompok Lansia

“Perjalanan mereka dalam memimpin desa-desa ini akan menjadi sorotan dan harapan bagi masyarakat Kabupaten Buleleng,” tukasnya. (adv/gb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments