Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaNewsUpaya Buleleng Segera Wujudkan Masterplan Smartcity di Tahun ini

Upaya Buleleng Segera Wujudkan Masterplan Smartcity di Tahun ini

 

GATRABALI.COMBULELENG – Kota cerdas (smart city) merupakan upaya-upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat. 

Sebagai salah satu kabupaten/kota di Bali yang terpilih untuk mewujudkan master plan Smart City, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng tahun ini akan didampingi tenaga ahli dari Kementerian Pusat untuk merancang master plan Smart City di Kabupaten Buleleng.

Baca Juga  Ular Sanca yang Melahap Ternak Warga Berhasil Ditangkap Tim DAMKAR

Kadis Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan saat dikonfirmasi, Kamis 22 Juni 2023 menegaskan bahwa, ada 50 kabupaten/kota se-Indonesia untuk mengikuti program pendampingan Smart City, untuk di Bali sendiri dipilih Kabupaten Buleleng dan Karangasem. Sementara untuk tahun ini forumnya dilaksanakan di Kota Surabaya.

"Jadi, Kota Surabaya sendiri ditunjuk oleh pusat sebagai tempat forum karena dinilai sudah menerapkan master plan Smart City jauh-jauh hari, kita harapkan bisa mencontohnya ke depan," tegasnya.

Baca Juga  Toko Mainan Anak-anak Cherio Baby & Kids Shop Terbakar, Damkar Buleleng Berhasil Padamkan Api

Pria yang akrab disapa Ketsu itu menegaskan bahwasannya Kabupaten Buleleng sudah mulai mengimplementasikan aplikasi pelayanan kepada masyarakat berbasis digital. Salah satunya sistem keuangan digital yang sudah mendapat penghargaan langsung dari Kementerian, ada juga dari sisi pengelolaan SDM lingkup Pemkab Buleleng, kependudukan, pengaduan, perijinan dan masih banyak yang lainnya.

Harapannya Buleleng bisa membangun masterplan tersebut dan bisa mencontoh Kota Surabaya.

Baca Juga  Enam Tangki Air dan 25 Personil USB DLH Diterjunkan Jaga Kebersihan BDF 2023

"Mudahan bisa mencapai hal tersebut lebih baik lagi kedepannya," pungkasnya.(adv/gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments