Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaNewsTingkatkan Kelestarian Lingkungan, Kelurahan Panjer Jemput 'Sampah' Bersama Bank Sampah

Tingkatkan Kelestarian Lingkungan, Kelurahan Panjer Jemput ‘Sampah’ Bersama Bank Sampah

 

UPDATEBALI.com, DENPASAR – Dalam upaya meningkatkan pelestarian lingkungan dan penanggulangan sampah di wilayah Kelurahan Panjer, Lurah Panjer I Putu Budi Ari Wibawa melakukan jemput “Sampah” dengan melakukan penukaran melalui Bank Sampah Alam Asri Kelurahan Panjer di Banjar Celuk pada Rabu 13 Juli 2022.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kelurahan Panjer bersama TPS 3R Paku Sari dalam mengimplementasikan Peraturan Walikota Denpasar No. 45 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Reuse, Reduce, dan Recycle melalui Bank Sampah.

Baca Juga  Karena Depresi, Pemuda Ini Nekat Gantung Diri

Kegiatan jemput “Sampah” melalui Bank Sampah Alam Asri ini diharapkan mampu membantu Pemerintah Kota Denpasar dalam mengatasi permasalahan sampah di tingkat desa/kelurahan khususnya dalam penanganan sampah anorganik.

Lurah Panjer, I Putu Budi Ari Wibawa menyampaikan Kelurahan Panjer bekerjasama dengan Pengurus Bank Sampah Alam Asri dan TP PKK Kelurahan Panjer melaksanakan sosialisasi ke banjar dan kelompok masyarakat lainnya untuk  melakukan pemilahan sampah di sumbernya. 

Baca Juga  Kecelakaan Melibatkan Motor vs Mobil Minibus di Desa Pacung, Pengendara Motor Meninggal Dunia

“Kegiatan ini dilakukan saat arisan PKK Banjar Celuk setiap  satu bulan sekali dengan mengumpulkan sampah anorganik hasil pemilahan sampah di rumah tangga. Setelah sampah terkumpul keesokaannya petugas Bank Sampah Alam Asri akan melakukan jemput bola ke lokasi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Budi Ari juga menyampaikan Kegiatan seperti ini juga sudah dilakukan oleh Kader PKK Lingkungan di wilayah lain seperti Br. Kaja, Br. Kertasari, Br. Sasih, dan Br. Kangin.  

Baca Juga  Pj Gubernur Bali Sampaikan Strategi Tangani Kemiskinan dengan Sistem 'Ngrombo'

"Selain melakukan pengumpulan di saat arisan, kader juga melaksanakan pengumpulan sampah saat kegiatan posyandu, dengan cara memberikan edukasi kepada PKK. Kami berharap ini dapat diketoktularkan ke masyarakat lain di wilayahnya, " tambahnya. (gatra)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments